BAB I
PENDAHULUAN
A. PENGERTIAN
Program Kerja Pembantu Kepala Sekolah
( PKS ) Bidang Kurikulum adalah merupakan suatu rancangan yang sengaja disusun,
berisi berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran, baik
kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler pada MA NW Mengkuru Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Seiring
dimulainya pemberlakuan Kurikulum Madrasah (KURMA) yakni gabungan Kurikulum
KTSP untuk mata pelajaran Umum dan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan
Bahasa Arab pada Tahun Pelajaran 2015/2016 di Kelas X,kelas XI dan kelas XII
Maka tentunya Program Kerja ini selain mengacu pada Kurikulum 2013, juga kami
coba tuangkan hal-hal yang terkait dengan Kurikulum 2006 KTSP.
Penyusunan
Program Kerja Bidang Kurikulum merupakan upaya penting dan sangat strategis,
sebab bidang kurikulum secara langsung terkait dengan proses pendidikan (
pembelajaran ) sebagai bagian terpenting dari keberadaan suatu sekolah. Maksud disusunnya Program Kerja ini adalah
diharapkan dapat bermanfaat antara lain sebagai berikut :
1.
Memberikan
arah yang jelas dalam usaha mempersiapkan dan menyelenggarakan proses
pembelajaran;
2.
Mengkondisikan
personal yang bertugas sebagai tenaga guru maupun pembantu pelaksana
penyelenggaraan pendidikan ;
3.
Memberikan
kemudahan dalam mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam
proses pembelajaran ;
4.
Dapat
menjadi pedoman kerja dalam usaha mempersiapkan dalam pelaksanaan proses
pembelajaran di sekolah ;
5.
Merupakan
dokumen penting yang menjadi acuan, rujukan, tolok ukur atau pegangan dalam
upaya penyelenggaraan proses pembelajaran,
B. LANDASAN
Yang dijadikan landasan operasional
dalam penyusunan Program Kerja Bidang Kurikulum di MA NW Mengkuru adalah :
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ;
- Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah ;
- Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah ;
- Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah Propinsi sebagai Daerah Ototom
- Kebijakan Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen Tahun 2004
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah,
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan,
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru,
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama;
- Lampiran III tentang Pedoman Mata Pelajaran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57, 58, 59 dan 60 tahun 2014 .
- Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia (PERMENAG), nomor; 94 tahun 2013 tentang “Pengelolaan Madrasah”.
- SK Dirjen Pendis Nomor; 2676 tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah 2013 mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh guru pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
- Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 117 tahun 2014 tentang implementasi kurikulum 2013 di Madrasah.
- Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 165 tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013.
- Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, 207 Tahun 2014 tentang Kurikulum Madrasah
- Keputusan Menteri Agama Nomor 103 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang bersertifikat pendidik.
- Rapat Dewan Guru Tanggal 12 Juli 2015
C. TUJUAN
Program Kerja Bidang Kurikulum ini
disusun dengan tujuan antara lain :
- Untuk menyebarkan kegiatan pokok dan acuan dalam penyelenggaraan kurikulum di MA NW Mengkuru Tahun 2015/2016
- Sebagai pedoman kerja bagi kepala sekolah yang didelegasikan kepada Urusan Kurikulum dalam menjabarkan pelaksanaan kegiatan ;
- Untuk menentukan arah yang jelas dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;
- Agar kegiatan penyelenggaraan pembelajaran Tahun Pelajaran 2005 / 2006 lebih terarah, terencana, tertib dan lancar ;
- Untuk menunjang usaha sekolah dalam pemingkatkan mutu pendidikan, diantaranya tertib admninistrasi, optimalisasi proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;
- Agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien ;
- Agar seluruh rangkaian kegiatan proses pembelajaran dapat dijadikan bahan perbaikan tahun yang akan datang.
D. SASARAN
Program Kerja Bidang Kurikulum ini sengaja
dibuat dengan sasaran adalah :
- Bagi PKS Bidang Kurikulum sebagai langkah awal perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kepada Kepala Sekolah ;
- Bagi Kepala Sekolah sebagai salah satu instrumen penilaian kinerja PKS Bidang Kurikulum dan proses pembelajaran pada umumnya ;
- Bagi para guru sebagai acuan dan pedoman dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian dan remedial ;
- Bagi Komite Sekolah dalam rangka memberikan masukan demi peningkatan mutu pendidikan ;
- Bagi Pengawas dalam rangka memudahkan fungsi pembinaan dan kontrol dalam proses pembelajaran.
E. SISTEMATIKA
Program Kerja ini disusun dengan
sistematika sebagai berikut :
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Pengertian
B. Landasan
C. Tujuan
D. Sasaran
E. Sistematika
BAB II KEADAAN DAN KONDISI SEKOLAH
A. Keadaan Siswa
B. Keadaan Tenaga Guru
C. Sarana dan Prasarana
BAB III PROGRAM KEGIATAN
A. Kegiatan Belajar Mengajar
B. Penilaian
C. Remedial
BAB IV STRUKTUR ORGANISASI
A. Pembagian Tugas
B. Rincian Tugas
BAB V RENCANA ANGGARAN BIAYA
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
Lampiran – Lampiran
BAB II
KEADAAN DAN KONDISI SEKOLAH
A. VISI DAN MISI
Visi Madrasah
ILMU, IMAN,AMAL
Misi Madrasah
1.
Mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan
sehari-hari
2.
Menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan
kondusif untuk belajar
3.
Pembentukan generasi berahlakul karimah sesuai
dengan ajaran islam
4.
Pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian
prestasi akademik dan non akademik
5.
Mewujudkan pembentukan agen perubahan (Agent of
change ) yang berkarakter islam yang mampu mengaktualisasikan diri dalam
masyarakat
6.
Menciptakan generasi yang cakap dengan kemampuan
hidup mandiri
7.
Meningkatkan budaya cinta ilmu dan kerja
profesional
Tujuan Madrasah
Meletakkan
dasar pengetahuan, berprestasi, berkepribadian, berakhlak,
serta berketerampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut. Selanjutnya dituangkan dalam 1 tahun pelajaran sebagai berikut :
a. Menambah kelengkapan sarana prasarana
untuk menuju keadaan yang ideal.
b.
Peningkatan
profesionalisme guru, administrasi ketatausahaan, keuangan, pustakawan melalui
kegiatan-kegiatan MGMP, Workshop dan Diklat.
c.
Memperoleh prosentase kemampuan dasar siswa 0 %
menjadi 80 %
d.
Meningkatkan
kegiatan ekstrakurikuler
e.
Pembiasaan
perilaku bersih di lingkungan madrasah dengan program kerja bakti
f.
Mengintensifkan
komunikasi dan relationship dengan madrasah dan wali murid
g.
Penerapan
kurikulum KTSP penuh (kelas X,XI dan XII)
h.
Meningkatkan
kegiatan keagamaan bagi kelas X,XI dan XII
i.
Pencapaian
target tingkat kelulusan 100%
B. KEADAAN SISWA / PESERTA DIDIK
Sesuai dengan jumlah ruangan kelas
yang ada sebanyak 8 ruang, 1 ruang Kepala Madrasah, 1 ruang untuk Tata Usaha, 1 ruang
untuk guru, 1 ruang untuk mushola, 1
ruang untuk perpustakaan, dan 1 ruang untuk koperasi, sehingga jumlah rombongan
belajar kelas Xsebanyak 3 rombel, kelas XI IPS sebanyak 3 rombel dan kelas XII
IPS sebanyak 2 rombel.
Secara
terperinci keadaan siswa pada Tahun
Pelajaran 2015/2016 adalah sebagai berikut :
KLS
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
X A
|
30
|
|
30
|
X B
|
|
27
|
27
|
X C
|
-
|
26
|
26
|
XI IPS 1
|
39
|
-
|
39
|
XI IPS 2
|
|
27
|
27
|
XI IPS 3
|
-
|
26
|
26
|
XII IPS 1
|
26
|
-
|
34
|
XII IPS 2
|
|
27
|
|
Jumlah
|
95
|
133
|
228
|
B. KEADAAN GURU
Keadaan Guru MA NW Mengkuru berdasarkan
kebutuhan dari sejumlah 8 kelas yang ada, maka sudah mencukupi sesuai kebutuhan
yaitu
Kepala Sekolah = 1 orang
Guru Negeri = - orang
Guru Tetap = 36 orang
Guru Tidak Tetap = - orang
Jumlah Semua = 37 orang
Berdasarkan analisis kebutuhan, kelebihan dan kekurangan guru
tetap / GBS berdasarkan sejumlah mata pelajaran dan jumlah kelas adalah sebagai
berikut :
NO
|
GURU MT
|
KEBUTU HAN
|
YANG ADA
|
KELEBIHAN
|
KEKURANGAN
|
KET
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
|
Al-Qur’an Hadits
Fiqih
Aqidah Akhlaq
SKI
Bahasa Arab
Matematika
B.Inggris
B.Indonesia
PKn
Geografi
Sejarah
Ekonomi
Seni Budaya
TIK
Penjaskes
Fisika
Biologi
Kimia
Mulok
|
1
1
1
1
2
3
2
2
1
2
2
2
1
1
1
1
1
1
3
|
2
1
-
1
2
3
2
2
2
2
2
2
1
1
1
1
1
1
3
|
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
|
|
JUMLAH
|
29
|
30
|
2
|
-
|
|
C. SARANA DAN PRASARANA
Sejak berdiri ( kurang lebih tahun 1996
) sarana dan prasarana yang dimiliki MA NW Mengkuru terus mengalami perubahan,
berupa perbaikan-perbaikan ( rehabilitasi ), penambahan dan penataan.
Secara garis besar sarana daan prasarana yang dimiliki MA NW
Mengkuru sampai awal Tahun Pelajaran 2015/ 2016 adalah sebagai berikut :
1. Letak Sekolah
Gedung MA NW Mengkuru terletak di
Jalan Sangupati No 17 Mengkuru Desa Mengkuru Kecamatan Sakra Barat Kabupaten
Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat, dipertigaan jalan raya jurusan
Selong-Keruak, dibelakang dan disamping gedung terdapat persawahan dan ruamah
penduduk. Luas tanah yang dimiliki kurang lebih 2.000 meter persegi, dengan
batas-batas antara lain:
-
Sebelah
barat persawahan
-
Sebelah
utara Jl Jurusan Tanak Kaken- Bungtiang
-
Sebelah
Timur rumah penduduk
-
Sebelah
selatan Persawahan
2. Sarana dan Prasarana
NO
|
SARANA & PRASANA
|
JUM
|
KET.
|
|
NO
|
SARANA & PRASARANA
|
JUM
|
KET
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
|
R,Kasek
R.Guru
R.TU
R Kelas
R.Koperasi
Gudang
R.Pustaka
R.Kesenian
Musholla
R. BK
WC Kasek
WC Guru
|
1
1
1
8
1
1
1
1
1
1
1
2
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Darurat
Baik
Baik
|
|
13
14
15
16
17
21
22
23
24
25
|
WC Siswa
Lap.Upacara
Lap.Basket
T.Parkir
Peralatan Band
Per. Kasidah
Per. Drumband
TV
OHV/Proyektor
Alat Dapur
|
2
1
1
1
-
-
-
-
1
-
|
Baik
Baik
Baik
Cukup
Cukup
Cukup
-
Cukup
-
|
D. PRESTASI KBM
Pada umumnya prestasi belajar Siswa-Siswi MA
NW Mengkuru dari tahun ke tahun selalu tidak ketinggalan jika dibandingkan
dengan prestasi sekolah lainnya, bahkan cenderung grafiknya mengalami kenaikan
yang signifikan. Prestasi hasil belajar
yang patut dibanggakan adalah saat siswa kami memperoleh nilai sempurna, nilai
delapan ( 8 ) untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada UN beberapa tahun yang
lalu, dan prestasi Ekstrakurikuler pada tahun sebelumnya.
Event-event
di daerah kabupaten Lombok Timur dan Kecamatan Selong, siswa sekolah kami
selalu ambil bagian dan Almhamdulillah selalu mendapat peringkat. Berbagai
piala, piagam, medali daan penghargaan yang dimiliki MA NW Mengkuru sudah tidak
terhitung lagi banyaknya, sekaligus sebagai bukti nyata prestasi siswa-siswsi
sekolah kami selama ini.
BAB III
PROGRAM KERJA
No
|
JENIS KEGIATAN
|
BENTUK KEGIATAN
|
TARGET
|
PELAKSA- NAAN
|
BIAYA
|
PENANG- GUNG JAWAB
|
KET
|
1
|
Rapat Pembagian Tugas
|
Umum
|
Mengetahui tugas pokok
|
Akhir tahun Pelajaran
|
|
KepSek
Bid.Kur
Humas
|
|
2
|
Rapat awal tahun
|
Umum
|
Kesiapan administrasi
|
Awal Tahun Pelajaran
|
|
KepSek
Bid.Kur
Humas /TU
|
|
3
|
Rapat Komite Kelas X
|
Umum
|
Kesepakatan Program Kerja
|
M.IV Juli 2015
|
|
KepSek
Komite
Humas
|
|
4
|
Rapat Komite Kelas XII
|
Umum
|
Kesepakatan Program Kerja
|
M.II Agustus 2015
|
|
KepSek
Komite
Humas
|
|
5
|
Penyusunan Perangkat Pembelaja- ran
|
Umum
|
Tertib Administrasi Guru
|
M.II Agustus 2015
|
|
Bid.Kur.
TU
Humas
|
|
6
|
Masa Pembinaan Siswa
(Mabis)/MOS
|
Umum
|
Menge nal lingkungan sekolah
|
Tiga hari pada awal masuk sekolah
|
|
Pem.OSIS
Pengurus OSIS
Pengurus MPK
Dewan Guru
|
|
7
|
Pelaksanaan PMB
|
Klasikal / Individual
|
Mutu Pendidikan
|
Hari-hari efektif semseter ganjil
|
|
Semua Guru Mata Pelajaran
|
|
8
|
Evalusi/Ulangan Harian / Blok
|
Klasikal / Individual
|
Mengetahui proses dan hasil belajar
|
Tiga sampai empat kali dalam satu semester
|
|
Semua Guru Mata Pelajaran
|
|
9
|
Program Perbaikan dan pengayaan
|
Individual
|
Pembela jaran tuntas
|
Setiap selesai ulangan harian / ujian blok
|
|
Semua Guru Mata Pelajaran
|
|
10
|
Kegiatan Ekstrakuri kuler
|
Individual / kelompok
|
Life skill
|
Setiap hari mulai pukul 15.00 – 17.00
|
|
Semua Pembina Eksra
Kurikuler
|
|
11
|
Kunjungan Kelas
|
Setiap Guru
|
Perbai kan Kinerja
|
Agustus sampai Nopember
|
|
KepSek
Bid.Kur
|
|
12
|
UTS
|
Individu
|
Hasil belajar yang baik
|
Pertengahan Oktober 2008
|
|
Panitia
|
|
13
|
Pesantren Kilat
|
Individu / Kelompok
|
Peningkatan Imtaq
|
Awal Ramadhan
|
|
Pembina OSIS
Para Ustad
|
|
14
|
UAS
|
Individu
|
Hasil belajar
|
Desember M.III
|
|
Panitia
|
|
15
|
Pembagian Raport
|
Individu
|
Mengetahui hasil
|
Desember M.IV
|
|
Wali Kelas
|
|
STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN
BERDASARKAN DOMNIS KURIKULUM MADRASAH
A.
STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH ALIYAH
Tabel 1 Struktur Kurikulum Kelas X
regular
1.Kelas
X Umum
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
||
Semester1
|
Semester2
|
||
A. Mata Pelajaran
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
a.
Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
|
b.
Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
|
d.
Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
|
4. Bahasa Arab
|
3
|
3
|
|
5. Bahasa Inggris
|
3
|
3
|
|
6. Matematika
|
4
|
4
|
|
7. Fisika
|
2
|
2
|
|
8.
Biologi
|
2
|
2
|
|
9. Kimia
|
2
|
2
|
|
10. Sejarah
|
2
|
2
|
|
11. Geografi
|
2
|
2
|
|
12. Ekonomi
|
2
|
2
|
|
13. Sosiologi
|
2
|
2
|
|
14. Seni Budaya
|
2
|
2
|
|
15. Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
|
16. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
|
17. Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
|
B. Muatan Lokal *)
|
1
|
1
|
|
C. Pengembangan Diri **)
|
1
|
1
|
|
J u m l a h ***)
|
48
|
48
|
|
Keterangan:
*) Muatan
Lokal untuk mengembangkan kompetensi
yang disesuaikan dengan ciri khas dan
potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan Pendidikan (madrasah).
|
|||
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh
oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan siswa untuk
mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan Pendidikan (madrasah).
|
|||
***) Setiap satuan pendidikan memiliki kewenangan untuk mengadopsi dan
mengadaptasi jumlah jam sesuai situasi kondisi dan potensi khas yang dimiliki
lembaga dengan terlebih dahulu melakukan analisis kontek-kebutuhan untuk
memberdayakan potensi dan keunggulan madrasah.
|
1. Program
IPS
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
||||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
||||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
||
A. Mata
Pelajaran
|
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
4.
Bahasa Arab
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
5.
Bahasa Inggris
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
6.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
7. Sejarah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
8.
Geografi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
9.
Ekonomi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
10.
Sosiologi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
11.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
12. Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
13.Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
14.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
B.
Muatan Lokal *)
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
J u m l a h
|
48
|
48
|
48
|
48
|
|
Keterangan:
*) Muatan Lokal untuk mengembangkan kompetensi
yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh
satuan Pendidikan
(madrasah)
|
|||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh
oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan
siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
satuan Pendidikan
(madrasah).
|
|||||
STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN
MA NW Mengkuru TAHUN PELAJARAN 2015/2016
NO
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS
X
|
KELAS XII IPS
|
KELAS
XII IPS
|
1
|
Qur’an
Hadist
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Aqidah
Akhlak
|
2
|
2
|
-
|
4
|
SKI
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Bahasa
Arab
|
3
|
3
|
2
|
6
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Bahasa
Inggris
|
3
|
3
|
4
|
8
|
Pkn
|
2
|
2
|
2
|
9
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
10
|
Fisika
|
2
|
-
|
-
|
11
|
Kimia
|
2
|
-
|
-
|
12
|
Biologi
|
2
|
-
|
-
|
13
|
Ekonomi
|
2
|
4
|
4
|
14
|
Sejarah
|
2
|
3
|
2
|
15
|
Geografi
|
2
|
3
|
4
|
16
|
Sosiologi
|
2
|
3
|
4
|
17
|
Penjaskes
|
2
|
2
|
2
|
18
|
TIK
|
2
|
2
|
2
|
19
|
Seni
budaya
|
2
|
2
|
2
|
20
|
Bahasa
Asing Arab
|
2
|
3
|
2
|
21
|
Ke-NW-an
|
1
|
1
|
2
|
22
|
Nahu
Saref
|
1
|
1
|
2
|
23
|
Qiraatul
Qutub
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
48
|
48
|
48
|
BAB IV
STRUKTUR ORGANISASI DAN PEMBAGIAN TUGAS
A. STRUKTUR ORGANISASI MA NW Mengkuru TAHUN
2015/2016
1. Kepala Madrasah : H. Mustar,SS,M.Pd.I
2. Pembantu Kepala Madrasah
:
2.1. Urusan Kurikulum :
L.Tahmidul Ashri, S.PdI
2.2. Urusan Sarpras : Junaidi,SH,S.Pd.I
2.3. Urusan
Kesiswaan : Rahmat Hidayat,SH
2.4. Urusan Humas : Jafar Hamdi,S.Ag,M.Pd.I
3.
Kepala Tata Usaha : Muhamad
Sabri,S.Pd
5.
Koordinator B / K : Ahmad Syahid,SE
6.
Pengelola Koperasi : Ll.Subhan Shaleh,S.Pd
B.
Uraian Pembagian Tugas
1. Wakil Kepala Sekolah
Tugas Wakil Kepala Sekolah adalah membantu dalam
tugas-tugas atau urusan-urusan Kepala Sekolah dan dalam hal tertentu mewakili
Kepala Sekolah baik ke dalam maupun ke luar, bila Kepala Sekolah berhalangan,
diantaranya :
a. menyusun
pelaksanaan, membuat program kegaitan dan program pelaksanaan
b. pengorganisasian
c. pengkoordinasian
d. ketenagaan
e. pengarahan
f. pengawasan
g. penilaian
h. penyusunan laporan
2. Kepala Urusan
Kepala
Urusan ( Kaur ) adalah penanggung jawab pelayanan pendidikan di sekolah. Kepala Urusan dijabat oleh Tata Usaha dan
lazin disebut sebagai Kepala Urusan Tata Usaha.
Kepala Urusan Tata Usaha mempunyai
tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala
Sekolah yang meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a. penyusunan program tata usaha
b. pengelolaan keuangan sekolah
c. pengurusan administrasi pegawai,
guru dan siswa
d. pembinaan dan pengembangan karier
pegawai Tata Usaha Sekolah
e. penyusunan administrasi perlengkapan
sekolah
f. penyusunan dan penyajian data /
statistik sekolah
g. mengkoordinasikan dan
melaksanakan 6 K
e. menyusun laporan pelaksanaan
kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala
3. Urusan Kurikulum
Ruang
lingkup tugas Urusan Kurikulum meliputi kegiatan proses belajar mengajar baik
kurikuluer, ekstrakuriluler, maupun kegiatan pengembangan kemampuan guru
melalui MGMP atau Latihan Kerja ( inservice dan Onservice Training ) serta
pelaksanaan penilaian kegiatan sekolah :
Kegiatan kerja Urusan Kurikulum
diantaranya :
a. menyusun program kerja kurikulum
b. menyusun program pengajaran
c. menyusun jadwal pelajaran
d. menyusun jadwal evaluasi belajar
( Ulangan Umum )
e. menyusun pelaksanaan US / UAMBN /
UN ( Ujian Akhir )
f.
menetapkan jadwal penerimaan buku laporan pendididkan ( Raport ) dan penerimaan
IJAZAH
g. mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan
program satuan pembelajaran
h. menyediakan bukum kemajuan kelas
i. menyusun laporan pelakasanaan pelajaran
4. Urusan Kesiswaan
Urusan
Kesiswaan mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
a. menyusun dan membuat program
kerja urusan kesiswaan
b.
melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam
rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
c. membina dan melaksanakan koordinasi Keamanan,
Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan dan Kekeluargaan ( 6 K )
d. memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus
OSIS
e. melaksanakan pembinaan pengurus OSIS dalam
berorganisasi
f. menyusun program dan jadwal pembinaan siswa
secara berkala dan insidental
g. melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan
calon siswa penerima bea siswa
h. mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili
sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
i. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan
secara berkala kepada kepala sekolah
j. mengatur mutasi siswa
5. Urusan Hubungan Masyarakat
Urusan
Hubungan Masyarakat ( Humas ) mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam
kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.
memberikan penjelasan tentang kebijaksanaan sekolah, situasi sekolah dan
perkembangan sekolah sesuai dengan pendelegasian Kepala Sekolah
b. menampung saran-saran dan pendapat mesyarakat
untuk memajukan sekolah
c. membantu mewujudkan kerja sama dengan lembaga-lembaga
yang berhubungan dengan usaha dan kegiatan pengabdian masyarakat
d. mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah
dengan orang tua / wali siswa
e. membina hubungan antara sekolah dengan komite
sekolah
f. menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat
secara berkala
6. Wali Kelas
Wali
Kelas bertugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut
:
a. mengelola kelas
b. penyelenggaraan administrasi
kelas, yang meliputi :
-
denah tempat duduk siswa -
daftar piket siswa
-
papan absen siswa - buku absensi siswa
-
daftar pelajaran - buku kegiatan belajar mengajar
-
tata tertib kelas
c.
menyusun / membuat statistik bulanan siswa
d.
pengisian daftar nilai siswa
e.
membuat catatan khusus tentang siswa
f.
mencatat mutasi siswa
g.
pengisian buku laporan pendidikan dan membagikan buku raport
7. Bimbingan dan Konseling
Petugas Bimbingan dan
Konseling ( BK ) adalah membantu tugas Kepala Sekolah dalam pelaksanaan
kegiatan Bimbingan dan Konseling, diantaranya :
a. menyusun program dan pelaksanaan kegiatan BK;
b. koordinasi dengan wali kelas dalam
rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar ;
c.
melaksanakan koordinasi dengan urusan praktek kepala instansi, wali kelas,
dengan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa ;
d. memberi
layanan bimbingan dan konseling kepada siswa agar lebih berprestasi dalam
kegiatan belajar
8. Guru Mata Pelajaran :
Dalam tugas sehari-hari.
Guru bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan
proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Tugasnya antara lain :
a. membuat program pembelajaran ;
b. membuat Satuan Pembelajaran ;
c.
melaksanakan keegiatan belajar mengajar
;
d.
mengadakan kegiatan mpenilaian (
semester / tahunan ) ;
e.
mengadakan pengembangan setiap mata
pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya ;
f.
meneliti daftar hadir siswa sebelum
mulai pelajaran ;
g.
membuat dan menyusun lembag kerja (
work sheet ) ;
h.
membuat catatan tentang kemajuan hasil
belajar masing-masing siswa ;
i.
mengatur kebersihan ruang tempat
praktek ;
j. memeriksa apakah siswa sudah paham akan cara
pemakaian masing-masing alat atau menghindari terjadinya kerusakan dan
kecelakaan ;
k. mengadakan pemeriksaan, pemeliharaan dan
pengawasaan kebersihan masing-masing alat yang digunakan pada setiap akhir
pelajaran.
Mengkuru,
22 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
Madrasah, Waka.
Kurikulum
H.Mustar,SS,M.Pd.I L.Tahmidul
Ashri,S.pd.I
BAB V
RENCANA ANGGARAN BIAYA PROGRAM KURIKULUM
Biaya penyelenggaraan seluruh kegiatan sekolah khusus
yang menyangkut kegiatan pembelajaran ( belajar mengajar ) untuk Tahun
Pelajaran 2015/2016 dengan perkiraan rinciannya adalah :
NO
|
JENIS KEGIATAN / BARANG
|
BIAYA ( Rp.)
|
KETERANGAN
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
|
Pengadaan Daftar Nilai
Pengadaan Agenda Kelas
Pengadaan Absensi Siswa
Denah Tempat Duduk
Tata Tertib Siswa
Agenda Piket
Agenda Guru
Daftar Hadir Tatap Muka
Legger
Kalender Pendidikan
Blanko Analisis Butir Soal
Blanko AMP, Silabus dan RPP
Daftar Peringkat Kelas / Paralel
Soal Ulangan Umum
Peralatan Ujian Praktek
Soal UN Tulis Utama
Biaya Penyelenggaraan UN
Biaya Kegiatan Ulum / UN
|
25.000,00
64.000,00
20.000,00
1.000,00
1.000,00
10.000,00
150.000,00
25.000,00
40.000,00
3.000,00
10.000,00
25.000,00
3.000,00
7.000.000,00
300.000,00
350.000,00
1.500.000,00
5.000.000,00
|
|
JUMLAH
|
14.527.000,00
|
|
Mengkuru, 22 Juli 2015
Mengetahui : Menyetujui :
Kepala Madrasah Bendahara
Rutin Waka
Kurikulum
H. Mustar,SS,M.Pd.I Lalu Sayuti,S.pd.I L.Tahmidul Ashri, S.PdI
BAB VI
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Tugas Pembantu Kepala Sekolah ( PKS )
Urusan Kurikulum sangat;ah penting dan strategis dalam penyelenggaraan
pendidikan di sekolah, sebab bidang tugasnya secara langsung terkait dengan
proses belajar mengajar sebagai jantungnya pelaksanaan krgiatan di sekolah.
Mengawali
tugas urusan kurikulum, dimulai dengan menyusun program kerja ( perencanaan ),
sebab suatu program kegiatan akan terlaksana dengan baik dan optimal bila dilakukan dengan perencanaan yang baik. Program kerja ini mencakup beberapa asfek
yang secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan kurikulum ( proses
pembelajaran ).
Secara
garis besar program kerja ini berisi antara lain :
1.
Keadaan dan Kondisi Sekolah yang meliputi : keadaan
siswa, tenaga guru, sarana dan prasarana.
2. Program kegiatan, meliputi : jenis
kegiatan, bentuk kegiatan, terget, waktu pelaksanaan, pembiayaan dan penanggung
jawab.
3. Struktur organisasi, meliputi :
pembagian tugas dan rincian tugas.
Demikian gambaran sekilas dari
program kerja urusan kurikulum tahun pelajaran 2015/2016, mudah-mudahan
bermanfaat walaupun masih banyak kekurangan.
B. Saran-saran
Diharapkan program kerja urusan
kurikulum ini dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam penyelenggaraan
pendidikan ( proses pembelajaran ) di MA NW Mengkuru untuk tahun pelajaran 2015/2016
dan untuk tahun pelajaran yang akan datang.
Kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif agar dalam
tahun pelajaran 2015/2016 lebih baik lagi.
Mengkuru,
22 Juli 2015
Waka.
Kurikulum
L.Tahmidul
Ashri, S.PdI
PROGRAM KERJA WAKA KURIKULUM
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Disusun
oleh :
L.Tahmidul Ashri, S.PdI
Waka Kurikulum
MA NW
MENGKURU
Jln
Sangupati No 17 Mengkuru Desa Mengkuru Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur
NTB 2015
KATA
PENGANTAR
Bismillahiwabihamdihi
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Puji serta
syukur atas khadirat Allah SWT. karena hanya dengan Rahmat serta karuniaNya lah,
kami dapat menyelesaikan Laporan Program Kerja Pembantu Kepala Sekolah Bidang
Kurikulum MA NW Mengkuru
Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur untuk tahun pelajaran
2015/2016.
Program ini
disusun berdasar kebutuhan nyata dengan maksud untuk mewujudkan kemajuan
belajar khususnya di MA NW Mengkuru dan umumnya untuk sistem pendidikan
Indonesia. Seluruh program yang dikemas tidak terlepas dari kebutuhan
kurikulum yang ada di MA NW Mengkuru, sehingga diharapkan sebagai upaya untuk
dapat meningkatkan kualitas guru yang akan menopang peningkatan kualitas
pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dapat terealisasi
dengan optimal.
Akhirnya,
semoga program ini menjadi pedoman dan rujukan terutama pembantu kepala Sekolah
bidang Kurikulum dan dapat dilaksanakan dengan baik dan mencapai tujuan.
Wallohulmuwafiqu
Walhadi Ilasyabilirrosyad
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Mengkuru, 22 Juli 2015
A.n. Kepala MA NW Mengkuru
Waka. Kurikulum,
L.Tahmidul Ashri, S.PdI
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Pengertian………………………………………………………………. 1
B. Landasan……………………………………………………………… 1 -
3
C. Tujuan………………………………………………………………….. 3
D. Sasaran…………………………………………………………………. 4
E. Sistematika……………………………………………………………... 4
BAB II KEADAAN DAN KONDISI SEKOLAH…………………………………. 5
A. Visi dan Misi…………………………………………………………… 5
B. Keadaan Siswa…………………………………………………………. 6
C. Keadaan Tenaga Guru………………………………………………..
6 - 7
D. Sarana dan Prasarana………………………………………………....
7 - 8
BAB III PROGRAM KERJA……………………………………………………….. 9
A. Program Kerja…………………………………………………………. 9
B. Struktur Program
Pembelajaran……………………………………….. 10
BAB IV STRUKTUR ORGANISASI DAN PEMBAGIAN
TUGAS………........... 11
A. Struktur
Organisasi……………………………………………………. 11
B. Pembagian Tugas…………………………………………………....
11-14
BAB V RENCANA ANGGARAN BIAYA……………………………………….. 15
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN……………………………………………. 16
A. Kesimpulan……………………………………………………………. 16
B. Saran-saran…………………………………………………………….. 16
Lampiran – Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar