Minggu, 27 Maret 2016

program kerja kurikulum



BAB I
PENDAHULUAN

A. PENGERTIAN

            Program Kerja Pembantu Kepala Sekolah ( PKS ) Bidang Kurikulum adalah merupakan suatu rancangan yang sengaja disusun, berisi berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran, baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler pada MA NW Mengkuru Tahun Pelajaran 2015/2016.
            Seiring dimulainya pemberlakuan Kurikulum Madrasah (KURMA) yakni gabungan Kurikulum KTSP untuk mata pelajaran Umum dan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada Tahun Pelajaran 2015/2016 di Kelas X,kelas XI dan kelas XII Maka tentunya Program Kerja ini selain mengacu pada Kurikulum 2013, juga kami coba tuangkan hal-hal yang terkait dengan Kurikulum 2006 KTSP.
            Penyusunan Program Kerja Bidang Kurikulum merupakan upaya penting dan sangat strategis, sebab bidang kurikulum secara langsung terkait dengan proses pendidikan ( pembelajaran ) sebagai bagian terpenting dari keberadaan suatu sekolah.  Maksud disusunnya Program Kerja ini adalah diharapkan dapat bermanfaat antara lain sebagai berikut :
1.          Memberikan arah yang jelas dalam usaha mempersiapkan dan menyelenggarakan proses pembelajaran;
2.          Mengkondisikan personal yang bertugas sebagai tenaga guru maupun pembantu pelaksana penyelenggaraan pendidikan ;
3.          Memberikan kemudahan dalam mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran ;
4.          Dapat menjadi pedoman kerja dalam usaha mempersiapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah ;
5.          Merupakan dokumen penting yang menjadi acuan, rujukan, tolok ukur atau pegangan dalam upaya penyelenggaraan proses pembelajaran,

B. LANDASAN

            Yang dijadikan landasan operasional dalam penyusunan Program Kerja Bidang Kurikulum di MA NW Mengkuru adalah :
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ;
  2. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah ;
  3. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah ;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 25  Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah Propinsi sebagai Daerah Ototom
  5. Kebijakan Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen Tahun  2004
  6. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
  7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
  8. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah,
  9. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan,
  10. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru,
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian;
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah  Menengah Pertama;
  15. Lampiran III tentang Pedoman Mata Pelajaran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57, 58, 59 dan 60 tahun 2014 .
  16. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia (PERMENAG), nomor; 94 tahun 2013 tentang “Pengelolaan Madrasah”.
  17. SK Dirjen Pendis Nomor; 2676 tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah 2013 mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.
  18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  19. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh guru pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  20. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 117 tahun 2014 tentang implementasi kurikulum 2013 di Madrasah.
  21. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 165 tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013.
  22. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, 207 Tahun 2014 tentang Kurikulum Madrasah
  23. Keputusan Menteri Agama Nomor 103 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang bersertifikat pendidik.
  24. Rapat Dewan Guru Tanggal  12 Juli 2015


C. TUJUAN

            Program Kerja Bidang Kurikulum ini disusun dengan tujuan antara lain :
  1. Untuk menyebarkan kegiatan pokok dan acuan dalam penyelenggaraan kurikulum di MA NW Mengkuru Tahun 2015/2016
  2. Sebagai pedoman kerja bagi kepala sekolah yang didelegasikan kepada Urusan Kurikulum dalam menjabarkan pelaksanaan kegiatan ;
  3. Untuk menentukan arah yang jelas dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;
  4. Agar kegiatan penyelenggaraan pembelajaran Tahun Pelajaran 2005 / 2006 lebih terarah, terencana, tertib dan lancar ;
  5. Untuk menunjang usaha sekolah dalam pemingkatkan mutu pendidikan, diantaranya tertib admninistrasi, optimalisasi proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;
  6. Agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien ;
  7. Agar seluruh rangkaian kegiatan proses pembelajaran dapat dijadikan bahan perbaikan tahun yang akan datang.


D. SASARAN

            Program Kerja Bidang Kurikulum ini sengaja dibuat dengan sasaran adalah :
  1. Bagi PKS Bidang Kurikulum sebagai langkah awal perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kepada Kepala Sekolah ;
  2. Bagi Kepala Sekolah sebagai salah satu instrumen penilaian kinerja PKS Bidang Kurikulum dan proses pembelajaran pada umumnya ;
  3. Bagi para guru sebagai acuan dan pedoman dalam  perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian dan remedial ;
  4. Bagi Komite Sekolah dalam rangka memberikan masukan demi peningkatan mutu pendidikan ;
  5. Bagi Pengawas dalam rangka memudahkan fungsi pembinaan dan kontrol dalam proses pembelajaran.

E. SISTEMATIKA


            Program Kerja ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I      PENDAHULUAN
A.     Pengertian
B.     Landasan
C.     Tujuan
D.     Sasaran
E.      Sistematika
BAB II     KEADAAN DAN KONDISI SEKOLAH
A.     Keadaan Siswa
B.     Keadaan Tenaga Guru
C.     Sarana dan Prasarana
BAB III    PROGRAM KEGIATAN
A.     Kegiatan Belajar Mengajar
B.     Penilaian
C.     Remedial
BAB IV    STRUKTUR ORGANISASI
A.     Pembagian Tugas
B.     Rincian Tugas
BAB V     RENCANA ANGGARAN BIAYA
BAB VI    KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan
B.     Saran-saran
Lampiran – Lampiran

BAB II

KEADAAN DAN KONDISI SEKOLAH

A.     VISI DAN MISI

Visi Madrasah
ILMU, IMAN,AMAL

Misi Madrasah
1.      Mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif untuk belajar
3.      Pembentukan generasi berahlakul karimah sesuai dengan ajaran islam
4.      Pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik
5.      Mewujudkan pembentukan agen perubahan (Agent of change ) yang berkarakter islam yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat
6.      Menciptakan generasi yang cakap dengan kemampuan hidup mandiri
7.      Meningkatkan budaya cinta ilmu dan kerja profesional

Tujuan Madrasah 
Meletakkan dasar pengetahuan, berprestasi, berkepribadian, berakhlak, serta berketerampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Selanjutnya dituangkan dalam 1 tahun pelajaran sebagai berikut :
a.       Menambah kelengkapan sarana prasarana untuk menuju keadaan yang ideal.
b.       Peningkatan profesionalisme guru, administrasi ketatausahaan, keuangan, pustakawan melalui kegiatan-kegiatan MGMP, Workshop dan Diklat.
c.       Memperoleh prosentase kemampuan dasar siswa 0 % menjadi 80 %
d.       Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler
e.        Pembiasaan perilaku bersih di lingkungan madrasah dengan program kerja bakti
f.        Mengintensifkan komunikasi dan relationship dengan madrasah dan wali murid
g.       Penerapan kurikulum KTSP penuh (kelas X,XI dan XII)
h.       Meningkatkan kegiatan keagamaan bagi kelas X,XI dan XII
i.         Pencapaian target tingkat kelulusan 100%

B.     KEADAAN SISWA / PESERTA DIDIK

     Sesuai dengan jumlah ruangan kelas yang ada sebanyak 8 ruang, 1 ruang Kepala Madrasah,          1 ruang untuk Tata Usaha, 1 ruang untuk guru, 1 ruang untuk mushola,  1 ruang untuk perpustakaan, dan 1 ruang untuk koperasi, sehingga jumlah rombongan belajar kelas Xsebanyak 3 rombel, kelas XI IPS sebanyak 3 rombel dan kelas XII IPS sebanyak 2 rombel.

            Secara terperinci keadaan siswa pada  Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah sebagai berikut :
KLS
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
X A
30

30
X B

27
27
X C
-
26
26
XI IPS 1
39
-
39
XI IPS 2

27
27
XI IPS 3
-
26
26
 XII IPS 1
26
-
34
XII IPS 2

27

Jumlah
95
133
228



B. KEADAAN GURU


       Keadaan Guru MA NW Mengkuru berdasarkan kebutuhan dari sejumlah 8 kelas yang ada, maka sudah mencukupi sesuai kebutuhan yaitu
Kepala Sekolah       = 1  orang
Guru Negeri                        = -   orang
Guru Tetap              = 36 orang
Guru Tidak Tetap    = -   orang
Jumlah Semua         = 37 orang






       Berdasarkan analisis kebutuhan, kelebihan dan kekurangan guru tetap / GBS berdasarkan sejumlah mata pelajaran dan jumlah kelas adalah sebagai berikut :
NO
GURU MT
KEBUTU HAN
YANG ADA
KELEBIHAN
KEKURANGAN
KET
 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19

Al-Qur’an Hadits
Fiqih
Aqidah Akhlaq
SKI
Bahasa Arab
Matematika
B.Inggris
B.Indonesia
PKn
Geografi
Sejarah
Ekonomi
Seni Budaya
TIK
Penjaskes
Fisika
Biologi
Kimia
Mulok
1
1
1
1
2
3
2
2
1
2
2
2
1
1
1
1
1
1
3
2
1
-
1
2
3
2
2
2
2
2
2
1
1
1
1
1
1
3
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

JUMLAH
29
30
2
-


C. SARANA DAN PRASARANA

       Sejak berdiri ( kurang lebih tahun 1996 ) sarana dan prasarana yang dimiliki MA NW Mengkuru terus mengalami perubahan, berupa perbaikan-perbaikan ( rehabilitasi ), penambahan dan penataan.
       Secara garis besar sarana daan prasarana yang dimiliki MA NW Mengkuru sampai awal Tahun Pelajaran 2015/ 2016 adalah sebagai berikut :


1. Letak Sekolah
       Gedung MA NW Mengkuru terletak di Jalan Sangupati No 17 Mengkuru Desa Mengkuru Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat, dipertigaan jalan raya jurusan Selong-Keruak, dibelakang dan disamping gedung terdapat persawahan dan ruamah penduduk. Luas tanah yang dimiliki kurang lebih 2.000 meter persegi, dengan batas-batas antara lain:
-            Sebelah barat persawahan
-            Sebelah utara Jl Jurusan Tanak Kaken- Bungtiang
-            Sebelah Timur rumah penduduk
-            Sebelah selatan Persawahan


2. Sarana dan Prasarana
NO
SARANA & PRASANA
JUM
KET.

NO
SARANA & PRASARANA
JUM
KET
  1
  2
  3
  4
  5
  6
  7
  8
  9
 10
 11
 12
R,Kasek
R.Guru
R.TU
R Kelas
R.Koperasi
Gudang
R.Pustaka
R.Kesenian
Musholla
R. BK
WC Kasek
WC Guru
      1
      1
      1
      8
      1
      1
      1
      1
      1
      1
      1
      2
   Baik
   Baik
   Baik
   Baik
   Baik
   Baik
   Baik
   Baik
   Baik
   Darurat
   Baik
   Baik

 13
 14
 15
 16
 17
 21
 22
 23
 24
 25


WC Siswa
Lap.Upacara
Lap.Basket
T.Parkir
Peralatan Band
Per. Kasidah
Per. Drumband
TV
OHV/Proyektor
Alat Dapur
     2
     1
     1
     1
      -
      -
      -
      -
      1
      -

Baik
Baik
Baik
Cukup
Cukup
Cukup
-
Cukup
-


D.  PRESTASI KBM

             Pada umumnya prestasi belajar Siswa-Siswi MA NW Mengkuru dari tahun ke tahun selalu tidak ketinggalan jika dibandingkan dengan prestasi sekolah lainnya, bahkan cenderung grafiknya mengalami kenaikan yang signifikan.  Prestasi hasil belajar yang patut dibanggakan adalah saat siswa kami memperoleh nilai sempurna, nilai delapan ( 8 ) untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada UN beberapa tahun yang lalu, dan prestasi Ekstrakurikuler pada tahun sebelumnya.
            Event-event di daerah kabupaten Lombok Timur dan Kecamatan Selong, siswa sekolah kami selalu ambil bagian dan Almhamdulillah selalu mendapat peringkat. Berbagai piala, piagam, medali daan penghargaan yang dimiliki MA NW Mengkuru sudah tidak terhitung lagi banyaknya, sekaligus sebagai bukti nyata prestasi siswa-siswsi sekolah kami selama ini.








 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PROGRAM KERJA


No
JENIS KEGIATAN
BENTUK KEGIATAN
TARGET
PELAKSA- NAAN
BIAYA
PENANG- GUNG JAWAB
KET
 1
Rapat Pembagian Tugas
Umum
Mengetahui tugas pokok
Akhir tahun Pelajaran

KepSek
Bid.Kur
Humas

 2
Rapat awal tahun
Umum
Kesiapan administrasi
Awal Tahun Pelajaran

KepSek
Bid.Kur
Humas /TU

 3
Rapat Komite Kelas X
Umum
Kesepakatan Program Kerja
M.IV Juli 2015

KepSek
Komite
Humas

 4
Rapat Komite Kelas XII
Umum
Kesepakatan Program Kerja
M.II Agustus 2015

KepSek
Komite
Humas

 5
Penyusunan Perangkat Pembelaja- ran
Umum
Tertib Administrasi Guru
M.II Agustus 2015

Bid.Kur.
TU
Humas

 6
Masa Pembinaan Siswa           (Mabis)/MOS
Umum
Menge nal lingkungan sekolah
Tiga hari pada awal masuk sekolah

Pem.OSIS
Pengurus OSIS
Pengurus MPK
Dewan Guru

 7
Pelaksanaan PMB
Klasikal / Individual
Mutu Pendidikan
Hari-hari efektif semseter ganjil

Semua Guru Mata Pelajaran

 8
Evalusi/Ulangan Harian / Blok
Klasikal / Individual
Mengetahui proses dan hasil belajar
Tiga sampai empat kali dalam satu semester

Semua Guru Mata Pelajaran

 9
Program Perbaikan dan pengayaan
Individual
Pembela jaran tuntas
Setiap selesai ulangan harian / ujian blok

Semua Guru Mata Pelajaran

10
Kegiatan Ekstrakuri kuler
Individual / kelompok
Life skill
Setiap hari mulai pukul 15.00 – 17.00

Semua Pembina Eksra
Kurikuler

 11
Kunjungan Kelas
Setiap Guru
Perbai kan Kinerja
Agustus sampai Nopember

KepSek
Bid.Kur

 12
UTS
Individu
Hasil belajar yang baik
Pertengahan Oktober 2008

Panitia

 13
Pesantren Kilat
Individu / Kelompok
Peningkatan Imtaq
Awal Ramadhan

Pembina OSIS
Para Ustad

 14
UAS
Individu
Hasil belajar
Desember M.III

Panitia

 15
Pembagian Raport
Individu
Mengetahui hasil
Desember M.IV

Wali Kelas

STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN

BERDASARKAN DOMNIS KURIKULUM MADRASAH

A.     STRUKTUR KURIKULUM  MADRASAH ALIYAH
Tabel 1 Struktur Kurikulum Kelas X regular
1.Kelas X Umum
K o m p o n e n
Alokasi Waktu

Semester1
Semester2


 A.  Mata Pelajaran



      1.   Pendidikan Agama Islam



            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2

            b. Akidah-Akhlak
2
2

            c. Fikih
2
2

            d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
2

      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2

      3.   Bahasa Indonesia
4
4

      4.   Bahasa Arab
3
3

      5.   Bahasa Inggris
3
3

      6.   Matematika
4
4

      7.   Fisika
2
2

      8.   Biologi
2
2

      9.   Kimia
2
2

    10.   Sejarah
2
2

    11.   Geografi
2
2

    12.   Ekonomi
2
2

    13.   Sosiologi
2
2

    14.   Seni Budaya
2
2

    15. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2

    16.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2

    17.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2

 B.  Muatan Lokal *)
1
1

 C.  Pengembangan Diri **)
1
1

J u m l a h ***)
48
48

Keterangan:
*)  Muatan Lokal  untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri   khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan Pendidikan (madrasah).

**)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan siswa   untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat,  minat, dan kondisi satuan Pendidikan (madrasah).

***) Setiap satuan pendidikan  memiliki kewenangan untuk mengadopsi dan mengadaptasi jumlah jam sesuai situasi kondisi dan potensi khas yang dimiliki lembaga dengan terlebih dahulu melakukan analisis kontek-kebutuhan untuk memberdayakan potensi dan keunggulan madrasah.



1.  Program IPS
K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
 A.  Mata Pelajaran




      1.   Pendidikan Agama Islam




            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
2
            b. Akidah-Akhlak
2
2
2
2
            c. Fikih
2
2
2
2
            d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2
2
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4
      4.   Bahasa Arab
3
3
3
3
      5.   Bahasa Inggris
3
3
3
3
      6.   Matematika
4
4
4
4
      7.   Sejarah
3
3
3
3
      8.   Geografi
3
3
3
3
      9.   Ekonomi
4
4
4
4
    10.   Sosiologi
3
3
3
3
    11.   Seni Budaya
2
2
2
2
    12.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
    13.Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    14.   Keterampilan/Bahasa Asing
3
3
3
3
 B.  Muatan Lokal *)
1
1
1
1
 C.  Pengembangan Diri **)
1
1
1
1
J u m l a h
48
48
48
48
Keterangan:
*) Muatan Lokal untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan  potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan Pendidikan (madrasah)
**)   Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan  siswa  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi  satuan Pendidikan (madrasah).








STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN

MA NW Mengkuru TAHUN PELAJARAN 2015/2016


NO
MATA PELAJARAN
KELAS
 X
KELAS XII IPS
KELAS
 XII IPS
1
Qur’an Hadist
2
2
2
2
Fiqih
2
2
2
3
Aqidah Akhlak
2
2
-
4
SKI
2
2
2
5
Bahasa Arab
3
3
2
6
Bahasa Indonesia
4
4
4
7
Bahasa Inggris
3
3
4
8
Pkn
2
2
2
9
Matematika
4
4
4
10
Fisika
2
-
-
11
Kimia
2
-
-
12
Biologi
2
-
-
13
Ekonomi
2
4
4
14
Sejarah
2
3
2
15
Geografi
2
3
4
16
Sosiologi
2
3
4
17
Penjaskes
2
2
2
18
TIK
2
2
2
19
Seni budaya
2
2
2
20
Bahasa Asing Arab
2
3
2
21
Ke-NW-an
1
1
2
22
Nahu Saref
1
1
2
23
Qiraatul Qutub
-
-
-
Jumlah
48
48
48









BAB IV
STRUKTUR ORGANISASI DAN PEMBAGIAN TUGAS

A.     STRUKTUR ORGANISASI MA NW Mengkuru TAHUN 2015/2016
1. Kepala Madrasah                       : H. Mustar,SS,M.Pd.I    
2. Pembantu Kepala Madrasah :
    2.1. Urusan Kurikulum              : L.Tahmidul Ashri, S.PdI
    2.2. Urusan Sarpras                    : Junaidi,SH,S.Pd.I
    2.3. Urusan Kesiswaan              : Rahmat Hidayat,SH
    2.4. Urusan Humas                    : Jafar Hamdi,S.Ag,M.Pd.I
3. Kepala Tata Usaha                     : Muhamad Sabri,S.Pd
5. Koordinator B / K                      : Ahmad Syahid,SE
6. Pengelola Koperasi                    : Ll.Subhan Shaleh,S.Pd

B.     Uraian Pembagian Tugas
1.      Wakil Kepala Sekolah
Tugas Wakil Kepala Sekolah adalah membantu dalam tugas-tugas atau urusan-urusan Kepala Sekolah dan dalam hal tertentu mewakili Kepala Sekolah baik ke dalam maupun ke luar, bila Kepala Sekolah berhalangan, diantaranya :
a. menyusun pelaksanaan, membuat program kegaitan dan program pelaksanaan
            b. pengorganisasian
            c. pengkoordinasian
            d. ketenagaan
            e. pengarahan
            f. pengawasan
            g. penilaian
            h. penyusunan laporan

2.                  Kepala Urusan
                        Kepala Urusan ( Kaur ) adalah penanggung jawab pelayanan pendidikan di sekolah.   Kepala Urusan dijabat oleh Tata Usaha dan lazin disebut sebagai Kepala Urusan Tata Usaha.
            Kepala Urusan Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah yang meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
            a. penyusunan program tata usaha
            b. pengelolaan keuangan sekolah
            c. pengurusan administrasi pegawai, guru dan siswa
            d. pembinaan dan pengembangan karier pegawai Tata Usaha Sekolah
            e. penyusunan administrasi perlengkapan sekolah
            f. penyusunan dan penyajian data / statistik sekolah
            g. mengkoordinasikan dan melaksanakan 6 K
            e. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala

3.      Urusan Kurikulum
                        Ruang lingkup tugas Urusan Kurikulum meliputi kegiatan proses belajar mengajar baik kurikuluer, ekstrakuriluler, maupun kegiatan pengembangan kemampuan guru melalui MGMP atau Latihan Kerja ( inservice dan Onservice Training ) serta pelaksanaan penilaian kegiatan sekolah :
            Kegiatan kerja Urusan Kurikulum diantaranya :
            a. menyusun program kerja kurikulum
            b. menyusun program pengajaran
            c. menyusun jadwal pelajaran
            d. menyusun jadwal evaluasi belajar ( Ulangan Umum )
            e. menyusun pelaksanaan US / UAMBN / UN ( Ujian Akhir )
f. menetapkan jadwal penerimaan buku laporan pendididkan ( Raport ) dan penerimaan IJAZAH
g. mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program satuan pembelajaran
h. menyediakan bukum kemajuan kelas
i. menyusun laporan pelakasanaan pelajaran

4.      Urusan Kesiswaan
                        Urusan Kesiswaan mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
            a. menyusun dan membuat program kerja urusan kesiswaan
b. melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
c. membina dan melaksanakan koordinasi Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan dan Kekeluargaan ( 6 K )
d. memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus OSIS
e. melaksanakan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
f. menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidental
g. melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima bea siswa
h. mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
i. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala kepada kepala sekolah
j. mengatur mutasi siswa

5.                  Urusan Hubungan Masyarakat
                        Urusan Hubungan Masyarakat ( Humas ) mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a. memberikan penjelasan tentang kebijaksanaan sekolah, situasi sekolah dan perkembangan sekolah sesuai dengan pendelegasian Kepala Sekolah
b. menampung saran-saran dan pendapat mesyarakat untuk memajukan sekolah
c. membantu mewujudkan kerja sama dengan lembaga-lembaga yang berhubungan dengan usaha dan kegiatan pengabdian masyarakat
d. mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua / wali siswa
e. membina hubungan antara sekolah dengan komite sekolah
f. menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala

6.      Wali Kelas
                        Wali Kelas bertugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
            a. mengelola kelas
            b. penyelenggaraan administrasi kelas, yang meliputi :
-             denah tempat duduk siswa                   -       daftar piket siswa
-             papan absen siswa                               -       buku absensi siswa
-             daftar pelajaran                                    -       buku kegiatan belajar mengajar
-             tata tertib kelas
c. menyusun / membuat statistik bulanan siswa
d. pengisian daftar nilai siswa
e. membuat catatan khusus tentang siswa
f. mencatat mutasi siswa
g. pengisian buku laporan pendidikan dan membagikan buku raport

7.      Bimbingan dan Konseling
            Petugas Bimbingan dan Konseling ( BK ) adalah membantu tugas Kepala Sekolah dalam pelaksanaan kegiatan Bimbingan dan Konseling, diantaranya :
a.  menyusun program dan pelaksanaan kegiatan BK;
b. koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar ;
c. melaksanakan koordinasi dengan urusan praktek kepala instansi, wali kelas, dengan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa ;
d. memberi layanan bimbingan dan konseling kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar

8.      Guru Mata Pelajaran :
            Dalam tugas sehari-hari. Guru bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Tugasnya antara lain :
a.  membuat program pembelajaran ;
b.  membuat Satuan Pembelajaran ;
c.   melaksanakan keegiatan belajar mengajar ;
d.   mengadakan kegiatan mpenilaian ( semester / tahunan ) ;
e.   mengadakan pengembangan setiap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya ;
f.   meneliti daftar hadir siswa sebelum mulai pelajaran ;
g.   membuat dan menyusun lembag kerja ( work sheet ) ;
h.   membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa ;
i.   mengatur kebersihan ruang tempat praktek ;
j.  memeriksa apakah siswa sudah paham akan cara pemakaian masing-masing alat atau menghindari terjadinya kerusakan dan kecelakaan ;
k.  mengadakan pemeriksaan, pemeliharaan dan pengawasaan kebersihan masing-masing alat yang digunakan pada setiap akhir pelajaran.

                                                                        Mengkuru, 22 Juli 2015
Mengetahui
                        Kepala Madrasah,                                            Waka. Kurikulum



                        H.Mustar,SS,M.Pd.I                                       L.Tahmidul Ashri,S.pd.I

BAB V

RENCANA ANGGARAN BIAYA PROGRAM KURIKULUM

            Biaya penyelenggaraan seluruh kegiatan sekolah khusus yang menyangkut kegiatan pembelajaran ( belajar mengajar ) untuk Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan perkiraan rinciannya adalah :

NO
JENIS KEGIATAN / BARANG
BIAYA ( Rp.)
KETERANGAN
  1
  2
  3
  4
  5
  6
  7
  8
  9
 10
 11
 12
 13
 14
 15
 16
 17
 18
Pengadaan Daftar Nilai
Pengadaan Agenda Kelas
Pengadaan Absensi Siswa
Denah Tempat Duduk
Tata Tertib Siswa
Agenda Piket
Agenda Guru
Daftar Hadir Tatap Muka
Legger
Kalender Pendidikan
Blanko Analisis Butir Soal
Blanko AMP, Silabus dan RPP
Daftar Peringkat Kelas / Paralel
Soal Ulangan Umum
Peralatan Ujian Praktek
Soal UN Tulis Utama
Biaya Penyelenggaraan UN
Biaya Kegiatan Ulum / UN
            25.000,00
            64.000,00
            20.000,00
              1.000,00
              1.000,00
            10.000,00
          150.000,00
            25.000,00
            40.000,00
              3.000,00
            10.000,00
            25.000,00
              3.000,00
       7.000.000,00
          300.000,00
          350.000,00
       1.500.000,00
       5.000.000,00

JUMLAH
     14.527.000,00

                                                                                                           
Mengkuru, 22 Juli 2015
Mengetahui :                                          Menyetujui :
Kepala Madrasah                                    Bendahara Rutin                         Waka Kurikulum
                                                                       

H. Mustar,SS,M.Pd.I                            Lalu Sayuti,S.pd.I                    L.Tahmidul Ashri, S.PdI
           


BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

            Tugas Pembantu Kepala Sekolah ( PKS ) Urusan Kurikulum sangat;ah penting dan strategis dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, sebab bidang tugasnya secara langsung terkait dengan proses belajar mengajar sebagai jantungnya pelaksanaan krgiatan di sekolah.
            Mengawali tugas urusan kurikulum, dimulai dengan menyusun program kerja ( perencanaan ), sebab suatu program kegiatan akan terlaksana dengan baik dan optimal bila dilakukan  dengan perencanaan yang baik.  Program kerja ini mencakup beberapa asfek yang secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan kurikulum ( proses pembelajaran ).
            Secara garis besar program kerja ini berisi antara lain :
1.      Keadaan dan Kondisi Sekolah yang meliputi : keadaan siswa, tenaga guru, sarana dan prasarana.
2.      Program kegiatan, meliputi : jenis kegiatan, bentuk kegiatan, terget, waktu pelaksanaan, pembiayaan dan penanggung jawab.
3.      Struktur organisasi, meliputi : pembagian tugas dan rincian tugas.
Demikian gambaran sekilas dari program kerja urusan kurikulum tahun pelajaran 2015/2016, mudah-mudahan bermanfaat walaupun masih banyak kekurangan.

B. Saran-saran

            Diharapkan program kerja urusan kurikulum ini dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan ( proses pembelajaran ) di MA NW Mengkuru untuk tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk tahun pelajaran yang akan datang.  Kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif agar dalam tahun pelajaran 2015/2016 lebih baik lagi.

                                                                        Mengkuru, 22 Juli 2015

                                                                                                Waka. Kurikulum



                                                                                                L.Tahmidul Ashri, S.PdI



 
PROGRAM KERJA WAKA KURIKULUM
TAHUN PELAJARAN 2015/2016



Disusun oleh :
L.Tahmidul Ashri, S.PdI
Waka Kurikulum


MA NW MENGKURU
Jln Sangupati No 17 Mengkuru Desa Mengkuru Kecamatan Sakra Barat  Kabupaten Lombok Timur
NTB 2015





 
Text Box:  KATA PENGANTAR


Bismillahiwabihamdihi
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji serta syukur atas khadirat Allah SWT. karena hanya dengan Rahmat serta karuniaNya lah, kami dapat menyelesaikan Laporan Program Kerja Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum                                  MA NW Mengkuru Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur untuk tahun pelajaran 2015/2016.
Program ini disusun berdasar kebutuhan nyata dengan maksud untuk mewujudkan kemajuan belajar khususnya di MA NW Mengkuru dan umumnya untuk sistem pendidikan Indonesia. Seluruh program yang dikemas tidak terlepas dari kebutuhan kurikulum yang ada di MA NW Mengkuru, sehingga diharapkan sebagai upaya untuk dapat meningkatkan kualitas guru yang akan menopang peningkatan kualitas pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dapat terealisasi dengan optimal.
Akhirnya, semoga program ini menjadi pedoman dan rujukan terutama pembantu kepala Sekolah bidang Kurikulum dan dapat dilaksanakan dengan baik dan mencapai tujuan.

Wallohulmuwafiqu Walhadi Ilasyabilirrosyad
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengkuru, 22 Juli 2015

A.n. Kepala MA NW Mengkuru
Waka. Kurikulum,




L.Tahmidul Ashri, S.PdI









DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I      PENDAHULUAN
A.     Pengertian……………………………………………………………….   1
B.     Landasan……………………………………………………………… 1 - 3
C.     Tujuan…………………………………………………………………..   3
D.     Sasaran………………………………………………………………….   4
E.      Sistematika……………………………………………………………...   4
BAB II     KEADAAN DAN KONDISI SEKOLAH………………………………….   5
A.     Visi dan Misi……………………………………………………………   5
B.     Keadaan Siswa………………………………………………………….   6
C.     Keadaan Tenaga Guru……………………………………………….. 6 - 7
D.     Sarana dan Prasarana……………………………………………….... 7 - 8
BAB III    PROGRAM KERJA………………………………………………………..    9
A.     Program Kerja………………………………………………………….   9
B.     Struktur Program Pembelajaran………………………………………..  10
BAB IV    STRUKTUR ORGANISASI DAN PEMBAGIAN TUGAS………...........    11
A.     Struktur Organisasi…………………………………………………….   11
B.     Pembagian Tugas………………………………………………….... 11-14
BAB V     RENCANA ANGGARAN BIAYA………………………………………..   15
BAB VI    KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………………….    16
A.     Kesimpulan…………………………………………………………….   16
B.     Saran-saran……………………………………………………………..   16
Lampiran – Lampiran






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar