SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
: MA NW Mengkuru
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Jurusan / Semester : XI (sebelas)/IPS/ 1 (satu)
Alokasi Waktu :
19x45 menit
Standar Kompetensi :
1. Menganalisis fenomena biosfer dan
antroposfer
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.1.
Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
|
·
Pengertian Biosfer
·
Faktor-faktor penyebaran flora dan fauna
·
Ruang Lingkup Geografi
·
Objek Studi Geografi
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan
berbagai referensi
·
Secara
berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian
presentasi
|
·
Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora
dan fauna
|
· Tugas individu
· Unjuk kerja
|
· Tertulis
· Makalah dan laporan
hasil diskusi
|
·
Carilah pengertian biosfer dari situs internet!
·
Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora
dan fauna
|
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Gambar fenomena biosfer
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
|
· Sebaran flora dan fauna
· Flora dan fauna di
Indonesia
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Menonton VCD tentang flora dan fauna di muka bumi
·
Membuat peta persebaran flora dan fauna di dunia
·
Mengamati peta sebaran flora dan fauna di permukaan
bumi
·
Mengamati peta persebaran flora dan fauna di Indonesia
·
Secara kelompok,
mendeskripsikan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik
lingkungannya
|
· Mengidentifikasi sebaran
hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
· Menjelaskan persebaran
flora dan fauna
· Menganalisis persebaran
flora dan fauna di Indonesia
· Menjelaskan hubungan
sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik
|
· Unjuk kerja
· Tugas kelompok
· Unjuk kerja
· Tugas individu
· Tugas kelompok
· Tugas individu
· Unjuk kerja
|
· Karangan
· Peta
· Diskusi
· Uji penguasaan materi
· Peta
· Uji penguasaan materi
· Laporan hasil pengamatan dan diskusi
|
·
Tontonlah VCD Flora dan Fauna tersebut dengan cermat!
Buatlah ringkasannya secara berkelompok!
·
Buatlah peta persebaran
flora dan fauna di dunia!
·
Diskusikanlah persebaran flora dan fauna di muka bumi!
·
Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal.
10 dan 17)!
·
Buatlah peta persebaran flora dan dan fauna yang ada di
Indonesia (Aktivitas hal.21)!
·
Kerjakanlah Uji
Penguasaan Materi pada buku sumber
(hal.21)!
·
Diskusikanlah hubungan sebaran flora dan fauna dengan
kondisi fisik lingkungannya!
|
1x45 menit
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
VCD flora dan fauna
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Peta persebaran flora dan fauna di muka bumi
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
·
Dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Mengkaji dampak kerusakan flora dan fauna terhadap
kehidupan dari berbagai referensi
|
·
Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora dan
fauna terhadap kehidupan
|
· Unjuk kerja
· Portofolio
· Tugas individu
|
·
Tertulis
·
Laporan hasil diskusi
· Soal evaluasi
|
·
Carilah data mengenai kerusakan cagar alam atau suaka
margasatwa dari situs internet atau media lainnya!
·
Diskusikanlah dampak kerusakan cagar alam atau suaka
margasatwa terhadap kehidupan di Indonesia dan usaha untuk mengatasinya
(Aktivitas hal.24)!
·
Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
|
1.3. Menjelaskan
pengertian fenomena antroposfer
|
·
Antroposfer
1) Kuantitas penduduk
-
Komposisi penduduk menurut umur
-
Komposisi penduduk menurut jenis kelamin
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Secara individu, siswa mencatat dan mengumpulkan data
kependudukan dari RT masing-masing
·
Mengelompokkan
data kepndudukkan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
·
Secara kelompok, menghitung sex ratio dan dependency
ratio
|
· Menganalisis komposisi
penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
· Mencatat dan
mengumpulkan data kependudukan dari RT
· Mengelompokkan data
kependudukan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
· Menghitung sex ratio dan dependency ratio
|
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
|
·
Laporan
·
Tertulis
·
Tertulis
|
·
Catatlah dan kumpulkan data kependudukan dari RT
masing-masing!
·
Kelompokkan data kependudukkan yang diperoleh dari 4 RT
berdasarkan umur dan jenis kelamin!
·
Hitunglah sex
ratio dan dependency ratio
berdasarkan data kependudukan yang telah diperoleh!
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Data Monografi Kelurahan
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Gambar atau foto fenomena geosfer
·
Internet
|
2)
Kualitas penduduk
-
Tingkat
pendidikan
-
Tingkat kesehatan
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Secara individu, mengidentifikasi tinggi rendahnya
kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil
pencatatan data di lapangan
|
· Mengidentifikasi tinggi
rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan
|
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Tugas individu
· Portofolio
|
·
Tertulis
·
Karangan
· Uji penguasaan materi
|
·
Carilah data kependudukan berdasarkan tingkat pendidikan
dan kesehatan dari dinas kependudukan!
·
Uraikanlah kualitas penduduk berdasarkan tingkat
pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di RT masing-masing!
·
Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber
(hal.39)!
·
Tontonlah VCD mengenai planet dengan cermat! Buatlah
ringkasannya!
·
Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Data Monografi Penduduk
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
|
1.4. Menganalisis aspek
kependudukan
|
·
Aspek kependudukan
1) Natalitas
2) Mortalitas
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil
pencatatan di lapangan
·
Menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil
pencatatan di lapangan
|
·
Menghitung tingkat kelahiran penduduk
·
Menghitung tingkat kematian penduduk
|
· Tugas individu
· Tugas individu
|
·
Uraian
·
Uraian
·
Tanya jawab
·
Soal evaluasi
|
·
Hitunglah angka kelahiran di wilayahmu!
· Hitunglah angka kematian
di wilayahmu!
|
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Data Monografi Penduduk
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
3) Pertumbuhan penduduk
4) Migrasi
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Menghitung pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah
berdasarkan data yang telah tersaji
·
Secara berkelompok, membuat peta penyebaran penduduk,
tabel penduduk, dan grafik penduduk yang datanya telah tersaji
|
·
Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
·
Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel,
grafik atau diagram
|
·
Tugas Individu
·
Tugas individu
· Tugas kelompok
· Tugas individu
|
·
Uraian
·
Uji Penguasaan Materi
·
Peta
·
Analisis kasus
|
· Hitunglah pertumbuhan
penduduk beberapa wilayah di Indonesia!
· Kerjakanlah Uji
Penguasaan Materi hal.47!
· Buatlah peta kepadatan
penduduk kelurahan tempat tinggal berdasarkan data jumlah penduduk dan luas
wilayah (Aktivitas hal.51)!
· Kerjakanlah Analitika
pada buku sumber hal.50-51
|
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Data Monografi Penduduk
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami
sumber daya alam
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
2.1.
Menjelaskan pengertian sumber daya alam
|
·
Sumber daya alam
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
· Mengungkapkan
Mengungkapkan kembali pengertian
sumber daya alam dari beberapa referensi
secara individu
|
· Merumuskan pengertian
sumber daya alam
|
· Unjuk kerja
|
·
Tertulis
|
·
Carilah pengertian sumber daya alam dari berbagai situs
internet dan media lainnya!
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
2.2. Mengidenti-fikasi jenis-jenis sumber daya alam
|
·
Jenis sumber daya alam
·
Pengelolaan sumber daya alam
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
· Mengungkapkan kembali
jenis-jenis sumber daya alam dari beberapa referensi secara individu
·
Mengamati peta persebaran sumber daya alam di Indonesia
|
· Menganalisis potensi
sumber daya alam
·
Secara kelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan
sumber daya yang berwawasan lingkungan
|
· Tugas individu
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Tugas individu
|
· Tes lisan
· Tertulis
· Laporan
· Analisis kasus
|
·
Apa yang
dimaksud dengan sumber daya alam?
·
Carilah jenis-jenis sumber daya dari berbagai situs
internet dan media lainnya!
·
Diskusikanlah tentang pengelolaan sumber daya yang
berwawasan lingkungan!
·
Analisislah mengapa minyak bumi dan batubara
digolongkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (Analitika
hal.61)!
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Peta persebaran sumber daya alam Indonesia
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
2.3. Menjelaskan
pemanfaatan sumber daya alam secara arif
|
· Pemanfaatan sumber daya
alam
· Prinsip ekoefisiensi
·
Pembangunan berwawasan lingkungan
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Merumuskan pengertian pembangunan berkelanjutan dari
berbagai referensi
·
Mendiskusikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan
prinsip ekoefisiensi
·
Secara kelompok mengidentifikasi contoh pemanfaatan
sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
·
Menonton VCD tentang pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan
|
· Membuat opini tentang
pembangunan berkelanjutan
· Menguraikan pemanfaatan
sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
· Memberikan contoh
pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
· Mengidentifikasi tentang
pembangunan berwawasan lingkungan
|
· Tugas kelompok
· Unjuk kerja
· Tugas kelompok
· Unjuk kerja
|
·
Laporan
·
Diskusi
· Tanya jawab
· Karangan
|
·
Carilah pengertian
pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi!
·
Diskusikanlah pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan
prinsip ekoefisiensi!
·
Berikanlah contoh pemanfaatan sumber daya berdasarkan
prinsip ekoefisiensi!
· Tontonlah VCD
pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan dengan cermat!Buatlah ringkasannya
|
1x45 menit
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
·
Sumber daya alam dan pembangunan berwawasan lingkungan
·
Pengelolaan sumber daya alam
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Merumuskan pengertian pembangunan berwawasan lingkungan
dari berbagai referensi
·
Menjelaskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan
·
Menjelaskan konsep pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan
·
Menguraikan ciri pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan
·
Secara
berkelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya alam berwawasan
lingkungan
|
·
Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan
·
Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan
berwawasan lingkungan
·
Merumuskan konsep pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan
·
Mengidentifikasi ciri-ciri pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan
|
· Unjuk kerja
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
· Tugas kelompok
|
·
Karangan
·
Tanya jawab
·
Tes lisan
·
Tertulis
·
Laporan
|
· Carilah pengertian
pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai situs internet dan media
lainnya!
· Sebutkan ciri-ciri
konsep pembangunan berwawasan lingkungan!
·
Bagaimanakah konsep pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan?
·
Uraikan ciri-ciri pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan!
·
Diskusikanlah
tentang pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan
|
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah,
H.Mustar,SS,M.Pd.I
|
Mengkuru, Juli 2015
Guru Mapel
Geografi
Muhamad Sabri,S.Pd
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MA NW MENGKURU
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/ Jurusan/ Semester : XI (sepuluh)/ IPS/
2 (dua)
Alokasi Waktu : 9x45 menit
Standar Kompetensi :
3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
3.1.
Mendeskrips-ikan pemanfaatan lingkungan
hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
·
Pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan
berkelanjutan
- Pengertian lingkungan
- Komponen ekosistem
- Lingkungan hidup sebagai sumber daya
- Pembangunan
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Menjelaskan pengertian lingkungan dari berbagai
referensi
·
Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
·
Secara berkelompok, membuat makalah tentang kerusakan
lingkungan yang terjadi , baik di Indonesia maupun dunia
·
Mengungkapkan kembali pengertian pembangunan dari
berbagai referensi
|
·
Merumuskan pengertian lingkungan hidup
·
Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
·
Menjelaskan pengertian pembangunan
|
· Unjuk kerja
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
Tugas individu
|
· Karangan
· Tes lisan
· Makalah
· Karangan
· Uraian singkat
|
·
Carilah pengertian lingkungan dari berbagai situs
internet dan media lainnya!
·
Jelaskan komponen-komponen ekosistem!
·
Buatlah makalah tentang kerusakan lingkungan yang
terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia!
·
Carilah pengertian tentang pembangunan dari berbagai
sumber!
·
Uraikanlah proses pembangunan di Indonesia!
|
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Gambar atau foto
lingkungan hidup
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Gambar atau foto lingkungan hidup
|
- Konsep pembangunan
- Tindakan-tindakan
pemanfaatan lingkungan hidup secara arif
- Pemanfaatan lingkungan
hidup dalam pembanguan
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
· Secara kelompok
merumuskan konsep pembangunan
· Secara berkelompok,
merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
·
Secara berkelompok , mendiskusikan tentang
tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam
kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·
Secara berkelompok, mengidentifikasi pemanfaatan
lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
|
· Merumuskan konsep
pembangunan
· Mendeskripsikan konsep pembangunan
berkelanjutan
·
Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan
pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembanguan
berkelanjutan
·
Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan
pembangunan berkelanjutan dari berbagai sumber referensi
|
· Tugas kelompok
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
· Tugas kelompok
· Unjuk kerja
|
· Diskusi
· Karangan
· Laporan
· Tanya jawab
· Diskusi
|
· Berikan contoh penerapan
konsep pembangunan dalam kehidupan sehari-hari!
·
Carilah pengertian dari pembangunan berkelanjutan dari
berbagai situ internet atau media lainnya!
·
Diskusikanlah tentang tindakan-tindakan yang
mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan
berkelanjutan!
·
Uraikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan
berkelanjutan!
·
Diskusikanlah manfaat lingkungan hidup dalam
pembangunan!
|
1x45 menit
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Gambar atau foto lingkungan hidup
·
Internet
·
Media cetak
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Gambar atau foto lingkungan hidup
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Gambar atau foto lingkunga hidup
·
Internet
|
|
·
Resiko lingkungan hidup dalam pembangunan
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Mendiskusikan
resiko lngkungan hidup dalam pembangunan secara berkelompok
|
·
Mendeskripsikan resiko lingkungan hidup dalam
pembangunan
|
·
Tugas individu
|
·
Unjuk kerja
|
·
Diskusikanlah resiko dari lingkungan hidup dalam
pembangunan
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Gambar atau foto lingkungan hidup
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
|
3.2. Menganalisis
pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
·
Pelestarian lingkungan hidup
·
Pembangunan berkelanjutan
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup dari
berbagai referensi secara berkelompok
·
Merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari
berbagai referensi secara berkelompok
|
·
Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
·
Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
|
·
Tugas kelompok
·
Unjuk kerja
·
Tugas individu
·
Portofolio
·
Unjuk kerja
|
·
Uji penguasaan materi
·
Tertulis
·
Diskusi
·
Analisis kasus
·
Karangan
·
Tanya jawab
|
·
Kerjakan Uji Penguasaan Materi pada buku sumber hal.92!
·
Jelaskan konsep pelestarian lingkungan hidup!
·
Kerjakan Aktivitas pada buku sumber hal.95!
·
Kerjakan Analitika pada buku sumber hal.95-96!
·
Buatlah ringkasan tentang konsep pembangunan
berkelanjutan!
·
Bagaimanakah konsep pembangunan berkelanjutan di
Indonesia?
|
1x45 menit
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Gambar atau foto lingkungan hidup
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Gambar atau foto lingkungan hidup
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
·
Tindakan-tindakan pelestarian lingkungan hidup
|
·
Kerja keras
·
Jujur
·
saling menghargai
|
·
Kerja keras.
·
Jujur.
·
saling menghargai orang lain
·
inovatif,
|
·
Menjelaskan hubungan pelestarian lingkungan hidup
dengan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi secara individu
·
Secara individu, membuat kliping (dilengkapi dengan
rangkuman dan tanggapan serta sumber) tentang pelestarian lingkungan dan
pembangunan berkelanjutan
|
·
Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pelestarian
lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
·
Unjuk kerja
·
Tugas individu
·
Portofolio
|
·
Tanya jawab
·
Kliping
·
Soal evaluasi
|
·
Berikan contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan
pelestarian lingkungan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan!
·
Buatlah kliping tentang pelestarian lingkungan hidup
dalam hubungannya dengan pembangunan berkelanjutan!
·
Kerjakanlah soal evaluasi Bab 4 tentang Lingkungan
Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan!
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Gambar atau foto lingkungan hidup
·
OHP atau Slide Proyektor
·
Internet
|
Mengetahui,
Kepala, Madrasah
H.Mustar,SS.M.Pd.I
|
Mengkuru 20 Januari 2016
Guru Mapel Geografi
Muhamad sabri,S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar