program kerja kesiswaan tahun pelajaran 2013/2014
LEMBAR
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Program
kerja kesiswaan ini telah disetujui dan disahkan
Oleh
kepala MA NW MENGKURU
Pada
Tanggal ………………….…………2013
Kepala Madrasah
Wakasek Kesiswaan
H.MUSTARS,SS,M.Pd.I
RAHMAT HIDAYAT,SH
KATA
PENGANTAR
Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan
penulisan dan penyusunan program kerja wakil kepala sekolah bidang kesiswaan
tahun pelajaran 2013/2014.
Program kerja ini disusun
berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja
pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai
elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:
- Instruksi tertulis / Edaran kepala sekolah tentang tugas pokok wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.
- Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.
- Suara rekan Pembina OSIS dan rekan pengajar dan karyawan.
- Pengurus OSIS dan siswa MA NW ,mengkuru.
- Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
- Pengurus komite sekolah.
Didasari keberadan siswa disekolah
sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan
bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran,
situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih
diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan nonakademik sesuai minat
dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.
Dengan demikian diharapkan siswa
yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tat tertib
siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan para Pembina
OSIS dan pendidik diharapkan keberadaan sekolah semakin maju dan sekolah
sebagai temtat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat
member nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan public kesekolah
yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar MA NW
Mengkuru Kecamatan Sakra Barat.
Menyadari kekurangan-kekurangan
penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan
saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program
serupa khusunya program kerja wakil kepala sekolah bidang kesiswaan di masa
yang akan datang merupakan reperensi yang amat berharga serta merupakan satu
kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan program kerja ini
dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara
dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di MA
NW Mengkuru dengan visi dan misi Madrasah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja
madrasah, amin;
Mengkuru , Juli 2012
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
- A. LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional bertujuan
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani
dan rohani kepribadian yang menetap dan mandiri serta memilliki rasa
tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pembangunan dibidang pendidikan
diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna
memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui
pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga
optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.
Sejalan dengan peningkatan mutu
sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan , dalam hal ini
telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan
sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan sekolah maupun pembinaan
kesiswaan.
Peningkatan mutu pendidikan di
sekolah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek non
akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun
akstrakulikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan
sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan
memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang
secara optimal.
Disamping itu, peningkatan mutu
diarahkan pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral
dengan strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik
disekolah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka pembinaan
kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan dalam
pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan
peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru
sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari
kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal,sesuai
dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan , bakat, minat, dan
kreativitasnya.
MA NW Mengkuru merupakan lembaga
pendidikan yang berada dibawah naungan Kementerian Agama yang merupakan
pendidikan formal yang dipimpin oleh kepala madrasah, fungsi kepala Madrasah
diantaranya sebagai pimpinan administrative dan supervisor memiliki banyak
tugas yang tidak mungkin seluruhnya dapat ditanganai sendiri. Maka dalam
melaksanakan tugasnya didelegasikan kepada guru yang ditugasi sebagai wakil
kepala sekolah.
Di MA NW Mengkuru terdapat 5 wakil
kepala madrasah yaitu : Wakil Kepala Madrasah Umum, Wakil Kurikulum, Wakil
Kesiswaan, Wakil Humas dan Wakil Sarana Prasarana. Tiap tiap wakil memilliki tugas dan perannya masing –
masing sebagai perpanjangan tangan Kepala Madrasah.
Tugas wakil kepala madrasah bidang
kesiswaan adalah :
- Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran dan melaporkannya kepada kepala sekolah untuk mendapatkan pengesahannya.
- Merencanakan dan melaksanaan penerimaan siswa baru.
- Bersama wakil kepala bidang kurikulum mengelola mutasi siswa dan melaporkannya kepada kepala sekolah.
- Merencanakan dan melaksanakan kegiatan MOS bagi siswa kelas X.
- Mengatur tatatertib siswa dan mengurus siswa yang melanggar tata tertib.
- Mengatur seluruh aktivitas siswa baik didalam maupun diluar sekolah.
- Mengorganisir pelaksanaan karya wisata.
Walaupun disekolah – sekolah telah
ada wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, akan tetapi sifatnya kordinatif dan
administrative. Ia bertugas mewakili kepala sekolah dalam hal memadukan rencana
serta mengkordinasikan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan sebagai bagian yang
terpadu dari keseluruhan program pendidikan disekolah.
Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan
disekolah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah salah
satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik dalam
proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab atas
terselenggarannya proses tersebut disekolah baik melalui bimbingan, pengajaran,
dan atau pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam upaya
mempasilitasi peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya
berkembang optimal. Apabila guru hanya menjalankan salah satu bagian dari
tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal.
dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta didik yang optimal,
mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.
Oleh karena guru merupakan tenaga
kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan
kesiswaan disekolah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap mata
pelajaran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian, setiap
guru sebagai penedidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan
kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.
Dalam kerangka berpikir dan
bertindak seperti itulah dikembangkan standar kompetennsi guru bidang pembinaan
kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan
indicator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan. Keseluruhan
indicator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud dapat
dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara umum
dalam program pendidikan disekolah, maupun secara khusus terpadu dalam program
pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran dan
guru pembimbing.
B.
MAKSUD DAN TUJUAN
1.
Maksud
Penyusunan program dimaksudkan untuk
membantu mewujudkkan visi dan misi MA NW Mengkuru yang tertuang dalam program
strategi sekolah program kerja kepala madrasah serta mewadahi suara siswa
aktivitas dan kreativitas siswa melalui suatu wadah organisasi kesiswaan (OSIS)
dengan sejumlah kegiatannya.
2.
Tujuan
Fungsi dan tujuan akhir pembinaan
kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional,
sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :
‘pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta
bertanggung jawab.’
Adapun secara khusus, pembinaan
kesiswaan ditujukan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik (siswa)
melalui penyelenggaraan program bimbingan, pembelajaran, dan atau pelatihan,
agar peserta didik dapat mewujudkan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
- Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bentuk kegiatannya antara lain :
- Pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan ajaran agama masing-masing;
- Kegiatan-kegiatan keagamaan,
- Peringatan hari-hari besar keagamaan,
- Perbuatan amaliyah
- Bersikap toleran terhadap penganut agama lain
- Kegiatan seni bernafaskan keagamaan, dan
- Lomba yang bersifat keagamaan.
2.
Keperibadian yang utuh dan budi
pekerti yang luhur
Kegiatannya dapat dalam bentuk
pelaksanaan :
- Tata tertib sekolah
- Tatakrama dalam kehidupan sekolah, dan
- Sikap hormat terhadap guru, orang tua,sesame siswa, dan lingkungan masyarakat.
3.
Kepemimpinan
Kegiatan kepemimpinan antara lain
siswa dapat berperan aktif dalam OSIS, kelompok belajar, kelompok ilmiah,
latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi, dan sebagainnya.
4.
Kreativitas, Keterampilan, dan
kewirausahaan.
Dalam hal ini bentuk kegiatannya,
antara lain :
- Keterampilan menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna
- Kreatifitas dan keterampilan dibidang elektronika, pertanian / perkebunan, pertukangan kayu dan batu, dan tata laksana rumah tangga (PKK)
- Kerajinan dan keterampilan tangan
- Koperasi sekolah dan unit produksi
- Praktek kerja nyata, dan
- Keterampilan baca tulis.
5.
Kualitas jasmani dan kesehatan
Kegiatannya dapat dalam bentuk :
- berperillaku hidup sehat dilingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat
- usaha kesehatan sekolah (UKS)
- Kantin sekolah
- kesehatan mental
- upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba
- pencegahan penularan HIV/AIDS
- Olah raga
- palang merah remaja (PMR)
- pembiasaan 5K yakni : keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan)
- peningkatan kemampuan psikososial untuk mengatasi berbagai tantangan hidup.
6.
Seni – Budaya
Kegiatannya dapat dalam bentuk :
- Wawasan keterampilan siswa dibidang seni suar, sastra, dan pertunjukan
- Penyelanggaraan sanggar seni
- Pementasan/pameran berbagai cabang seni, dan
- Pengenalan dan apresiasi seni-budaya bangsa.
7.
Pendidikan pendahuluan bela Negara
dan wawasan kebangsaan
Bentuk kegiatannya antara lain :
- Upacara bendera
- Bhakti social/masyarakat
- Pertukaran pelajar
- Baris berbaris
- Peringatan hari besar bersejarah bangsa
- Wisata siswa (alam dan tempat bersejarah)
- Pecinta alam
- Napak tilas, dan
- Pelestarian lingkungan.
Berdasarkan surat keputusan dirjen
Dikdasmen No. 226/C/Kep/O/1993 disebutkan bahwa satu-satunya organisasi yang
diakui keberadaannya adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang
mempunyai pengertian :
- Organisasi : kelompok kerja sama antara pribadi yang diadakan untuk mencapapai tujuan bersama
- Siswa : Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
- Intra : terletak didalam atau diantara
- Sekolah : Satuan pendidikan tempat penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.
Inni berarti OSIS adalah ;
“siswa-siswa yang memiliki tujuan
yang sama yang beraada pada suatu sekolah, pendiriannya melalui mekanisme
aturan yang berlaku, memiliki aggaran dasar (AD), memiliki anggaran rumah
tangga (ART), memilki program yang jelas yang dapat dipertanggung jawabkan dan
berkesinambungan.
Menyadari arti keberadaan OSIS,
khususnya di MA NW Mengkuru perencanaan program bertujuan :
- Menghimpun dan mewadahi berbagai aspirasi baik lisan maupun tulisan berbagai tingkat siswa di MA NW Mengkuru dalam suatu organisasi kesiswaan dengan membentuk OSIS.
- Membantu dan mewadahi ide pemikiran, bakat dan minat serta kreativitas melalui berbagai kegiatan yang dikomandoi oleh ketua OSIS dibawah bimbingan para Pembina OSIS
- Mendorong sifat jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan kekeluargaan dan persahabatan antara siswa di MA NW Mengkuru dan dengan siswa atau individu lain diluar sekolah tanpa melihat agama yang dianut, suku bbahasa dan budaya guna kehidupan yang damai, gemah ripah lohjinawi.
- Menumbuhkembangkan rasa kebangsaan siswa terhadap sekolah guna mendukung pelayanan sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar berjenjang dan berkelanjutan.
- Terbinannya rasa hormat menghormati, bekerjasama demokratis dan transparan dan disiplin serta siswa bermoral dan berakhlak yang baik dan berkompetensi diri yang handal.
- Melalui pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) dan pembinaan kecakapan hidup (life skill) siswa diarahkan dan disiapkan dibekali berbagai kemampuan keterampilan untuk dapat hidup dimasyarakat kelak yang dapat dihormati dibanggakan warga dilingkungannya.
Materi program pembinaan kesiswaan
dikembangkan dari enam kompetensi standar yang harus dikuasai oleh guru Pembina
kesiswaan. Dalam penerapannya, para guru diharapkan berangkat dari pengkajian
secara seksama terhadap setiap kompetensi, subkompetensi, dan
indikator-indikator tersebut. Selanjutnya dipertimbangkan kesesuaiannya dengan
bidang masing-masing dan atau bidang kegiatan bakat, minat, kreativitas siswa.
Pada giliran berikutnya, para guru dapat menuangkan hasil pengkajjian itu
kedalam rancangan program pembinaan kesiswaan yang terpadu dalam
keseluruhan program penndidikan disekolah.
Matrik berikut menunjukkan
keterkaitan antara kompetensi dengan materi bidang pembinaan kesiswaan. Dengan
mencermati matrik yang dimaksud, para guru diharapkan dapat memperoleh gambaran
yang jelas tentang kompetensi dan materi bidang pembinaan kesiswaaan. Dari
gambaran yang jelas, selanjutnya para guru dapat merancang, melaksanakan, dan
menilai program pembinaan kesiswaan secara komprehensif.
C. PRINSIP DAN ASAS PELAKSANAAN
- Prinsip pelaksanaan
1.
Ing ngarso sungtulodo
Mengandung arti bahwa seorang
pemimpin harus mampu lewat sikap dan perbuatannya menjadikan dirinya sebagai
pola aturan dan ikutan orang-orang yang dipimpinnya.
2.
Ing Madyo Mangunkarso
Mengandung arti bahwa seorang
pemimpin harus mampu membangkitkan semangat bersuakarsa dan berkreasi pada
orang yang dipimpinnya.
3.
Tutwuri Handayani
Mengandung arti seorang pemimpin
harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya agar berani bejalan didepan
dan sanggup bertanggung jawab.
- Asas-asas pelaksanaan
- Kekeluargaan dan kegotong-royongan
- Persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan
- Kebersamaan
- Selaras serasi dan seimbang
D. SASARAN
- Turut serta mewujudkan wawasan wiyata mandala serta visi dan misi sekolah
- Membina dan meningkatkan serta lebih memantapkan kepemimppinan pengurus dan anggota OSIS,sehingga melahirkan kepemimpinan OSIS yang berwibawa melalui jalur ;
- Organisasi kesiswaan
- Latihan Kepemimpinan
- Kegiatan Ekstrakulikuler
- Kegiatan Wawasan wiyata mandala
- terciptanya dinamika OSIS sebagai satu-satunya organisasi siswa intra sekolah dalam usaha mewadahi aspirasi seluruh sisw membina, melatih dan mengembangkan bakat dan minat siswa baik didalam maupun diluar sekolah yang berimplikasi memberi dorongan serta motivasi pada proses belajar mengajar siswa disekolah.
- terciptannya segala keberhasilan diberbagai event perlombaan siswa disekolah, diluar sekolah baik ditingkat kecamatan cikembar, kabupaten dan profinsi.
E.
DASAR HUKUM
Dasar hukum penyelenggaraan
pembinaan kesiswaan :
1)
undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, pasal 1
butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, pasal 3 bahwa
pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi anak didik, dan pasal
4 ayat (4) bahwa pendidikan diselengggarakan dengan memberi keteladanan,
membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses
pembelajarran, dan pasal 12 ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta
didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan
sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
2)
Peraturan
pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, pasal 5 s.d
pasal 18 tentang standar isi untuk
satuan pendidikan dasar dan menengah.
3)
Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi
untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, yang memuat pengembangan diri
peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi
dan / atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
4)
Dasar standarisasi profesi konseling yang dikeluarkan oleh direktorat jendral
pendidikan tinggi tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi
konseling disekolah dan diluar sekolah.
F.
SISTEMATIKA PENULISAN
BAB I
: Pendahuluan
Mengungkapkan latar belakang maksud
dan tujuan serta dasar hukum Pelaksanaan
BAB II
: Perencanaan Kegiatan
Mengungkapkan garis-garis besar program
kegiatan kesiswaan dan distribusi rincian jadwal kegiatan yang direncanakan.
BAB III :
Perencanaan Anggaran Kegiatan
Mengemukakan kemungkinan anggaran
yang diperlukan guna dapatmelaksanakan program kegiatan.
BAB IV
: Penutup
Mengemukakan pentingnya koordinasi
dan team work yang solid dan semua pihak terkait.
BAB
II
PERENCANAAN
KEGIATAN
- A. STANDAR KOMPETENSI BIDANG KESISWAAN
- Standar kompetensi bidang pembinaan kesiswaan di MA NW Mengkuru
NO
|
KOMPETENSI
|
SUB KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami
perkembangan peserta didik
|
Memahami
karakter dan bakat serta potensi peserta didik
|
- Karakteristik perkembangan peserta didik
- Perkembangan fisik psikomotorik
- Perkembangan social emosional
- Perkembangan intelektual, bakat dan minat
- Perkembangan kreativitas
Adanya pembinaan yang memfasilitasi
perkembangan peserta didik dalam hal :
- Tahap-tahap perkembangan peserta didik
- Pemahaman gejala perubahan fisik dan psikomotorik
- Kehidupan social emosional berkelompok (peer group)
- Prestasi akademik dan nonakademik
- Organilitas dan fleksibelitas,pembaharuan
Memahami ruang lingkup pembinaan
kesiswaanMemahami lingkup pembinaan
- Ketaqwaan kepada tuhan YME
- Kepribadian dan budi pekerti
- Kepemimpinan
- Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
- Kualitas jasmmani dan kesehatan
- Seni budaya
- Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Lingkup pembinaan kesiswaan
- Terdapat pelaksanaan keagamaan, adanya toleransi kehhidupan beragama, terdapat kegiatan hari besar keagamaan, adanya kegiatan seni dan budaya yang bernafaskan keagamaan
- Terllaksananya tata tertib dan tatakrama dalam kehidupan soosial disekolah, sikap saling menghormati antar masyarakat sekolah.
- Terlaksananya aktivitas OSIS kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
- Terlaksananya aktivitas osis, kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
- Adanya aktivitas Pramuka, PMR (palang merah remaja), kantin sekolah, olah raga, pelestarian alam, tata tertib UKS (usaha kesehatan sekolah )
- Adanya berbagai aktivitas seni budcaya
- Terlaksananya upacara bendera, peringatan hari-hari besar nasional, bhakti social, wisata alam, napak tilas, pelestarian alam, tata tertib
Mampu merancang dan melaksanakan
strtegi pembinaan kkesiswaan
- Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
- Merancang kegiatan ekstra kulikuler
- Merancang kegiatan ekstra kulikuler melalui latihan terprogram
- Menciptakan kegiatan kompetensi
- Terdapat rencana tertulis pelaksanaan pembinaan kesiswaan
- Ada program kegiatan ekstrkulikuler
- Ada program-program pelatihan dan kompetisi
- Terdapat kegiatan kompetisi
Mampu mengembangkan kegiatan
pembinaan kesiswaan
- Mengembangkan jenis-jjenis kegiatan pembinaan kesiswaan
- Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah seperti :
OSIS
- Pramuka
- PMR
- Mading
- Kesenian Tradisional
- Olahraga
- Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif, pelatihan dan ekspose
Mampu merancang dan mengembangkan
evaluasi kegiatan ppembinaan kesiswaan
- Memahami konsep dasar & jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Mampu merancang instrument valuasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Adanya instrument evaluasi proses dan hasil, baik dalam bentuk tes maupun non tes
Profesionalitas pribadi Pembina
kesiswaan
- Pribadi yang professional dan terintegrsi
- Menunjukan karakteristik pribadi yang meliputi:
- Jujur
- Tanggung jawa
- Komitmen
- Empati
- Simpati
- Humoris
- Inovatif
- Kreatif
- Teladan
- Resfek
- Mudah bergaul
- Disiplin
- Mampu membuat jejaring
2.Berpengalaman
dalam bidang kesiswaan kaitan kompetisi dengan materi bidang pembinaan
kesiswaan
NO
|
KOMPETENSI
|
SUB KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami
perkembangan peserta didik
|
Memahami
perkembangan peserta didik :
|
- Karakteristik perkembangan peserta didik
- Perkembangan fisik psikomotorik
- Perkembangan social emosional
- Perkembangan intelektual, bakat dan minat
- Perkembangan kreativitas
- Tahap-tahap dan tugas-tugas perkembangan peserta didik
- perkembangan fisik psikomotorik
- perkembangan social emosional
- perkembangan intelektual
- perkembangan kreativitas
2.Memahami ruang lingkup pembinaan
kesiswaanMemahami lingkup pembinaan
- Ketaqwaan kepada tuhan YME
- Kepribadian dan budi pekerti
- Kepemimpinan
- Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
- Kualitas jasmmani dan kesehatan
- Seni budaya
- Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
- Ketaqwaan kepada tuhan YME
- Kepribadian dan budi pekerti
- Kepemimpinan
- Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
- Kualitas jasmmani dan kesehatan
- Seni budaya
- Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
3.Mampu Merancang dan melaksanaan
strategi pembinaan kesisaan
- Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
- Merancang kegiatan ekstra kulikuler
- Merancang kegiatan ekstra kulikuler melalui latihan terprogram
- Menciptakan kegiatan kompetensi
- Rancangan strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
- Ada program-program pelatihan dan kompetisi
- Terdapat kegitan kompetisi
4.Mampu mengembanngkan kegiatan
pembinaan kesiswaanMengembangkan jenis-jenis kegiatan pembinaan kesiswaan
- Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah
- Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif, pelatihan dan ekspose
5.Mampu merancang dan mengembangkan
evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Memahami konsep dasar & jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Mampu merancang instrument evaluasi kegiatan pembinaan ksiswaan
- Konsep dasar dan jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
- Rancangan jenis instrument
6.Profesionalitas pribadi Pembina
kesiswaanPribadi yang professional dan terintegrasi
- Cirri-ciri pribadi : (jujur, tanggung jawab,komitmen, empati, humoris, inovatif, kreatif, teladan,, respek, mudah bergaul, disiplin)
- Berpengalaman dan mampu membuat jejaring
B. GARIS-GARIS BESAR PROGRAM
KEGIATAN
1. kegiatan Utama
- Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS melaksanaan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam ranngka menegakan disiplin dan tata tertib sekolah.
- Membina dan melaksanakan koordinasi keamannan, kkebersihan, ketertiban, keindahan kerindangban dan kekeluargaan (6K).
- Memberikan pengarahan dan pemilihan ppengurus OSIS, melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi.
- Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
- Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa
- Melaksanakan pemillihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan diluar sekolah.
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
- Mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan kelas dan pengurus OSIS
- Mengghadiri rapat pertanggungjawaban pengurus OSIS lama
- Melaksanakan pemilihan Pengurus OSIS
2. Kegiatan Lainnya
- Menentukan bidang kegiatan
- Mengajukan usulan Pembina OSIS dan Pembina ekstrakulikuler
- Memberikkan SK Kepsek untuk Pembina OSIS, Pembina EkSKul,Koordinator dan Para pelatih
- Menghaadiri rapat-rapat pengurus OSIS, memberikan SK kepsek dalam pembentukan dan pembubbaran kepanitiaan kegiatan.
- Menghadiri siswa diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan.
- Penataan lingkungan melalui 5K
- Evaluasi seluruh kegiatan
C. PENDISTRIBUSIAN RINCIAN KEGIATAN
1. Kegiatan Awal Tahun
- Menyusun program kerja,OSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
- Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
- Bersama wakil kepala bidang kurikulum menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembiina upacara.
- Mendata jadwal petugas piket OSIS
- Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
- Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib siswa.
- Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan dan kekeluargaan.
- Mengarahkan siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti sesuai minat dan bakat.
- Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan coordinator kesiswaann.
- Registrasi dan pencatatan anggota masing masing eSKul
- Melaksanakan uji kelayakan pengurus OSIS
- Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
- Pempublikasian 5K pengurus OSIS
- Pempublikasian jadwal kegiatan mencakup: sarat calon penerim beasiswa dan jenis beasiswa, calon siswa teladan serta karyawisata dan yang lainnya.
- Pendataan biodata siswa dikalsifikasikan sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.
2. Kegiatan Harian
- Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada disekolah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.
- Mengamati dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi
- Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan
- Mengontrol pelaksanaan 5K dilingkungban sekolah
- Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
- Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran sekolah atas persetujuan pimpinan.
- Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
- Melaksanakan piket pimpinan mengirimkan siswa unntuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala sekolah
- Mengirimkan Pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan
3. Kegiatan Mingguan
- Mengawasi,mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ektra kurikiler
- Melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera tiap dua minggu sekali
- Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah dan melaksanakan 5K.
4. Kegiatan Bulanan
- Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar agama atau nasional
- Menyiapkan, menyusun dan member 5K kegiatan pada panitia yang sudah disetujui dan ditandatangani kepala sekolah
- Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina OSIS atau dengan para Pembina lainnya
- Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia.
- Melaksanakan rapat koordinasi dengan para Pembina.
5. Kegiatan Semester I
- MOS
- Upacara Bendera
- Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib :
- Pidato bahasa inggris, bahasa sasak dan bahasa Indonesia.
- Dakwah
- Lomba Baca Puisi
- Bola voli
- Pengumuman berbagai hasil penilaian kreativitas siswa menyangkut 5K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
- Madding
- Pemilihan ketua kelas
- Pemilihan OSIS
- Pesantren kilat
- Diklat ekstrakulikuler
- Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS).
- Kegiatan semester II
- Karyawisata
- Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
- Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
- Mengadakan razia
- Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib.
- Bola voli,sepak bola, khotbah, MTQ, kaligrafi
- Upacara pengibaran bendera
- Peringatan Isra Miraj
- Peringatan maulid nabi Muhammad saw
- Mengadakan Pekan Kreatifitas siswa – siswi setingkat SD/MI
7. Kegiatan Akhir Tahun
- Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa baru
- Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaan siswa baru
- Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia mos
- Memberikan SK kepsek pada panitia MOS
- Melaksanakan PSB dan MOS
- Laporan evaluasi Program
D. RINCIAN RENCANA KERJA BIDANG
KESISWAAN
No
|
Bidang
studi dan strategi kegiatan
|
Indikator
keberhasilan
|
Langkah
untuk mencapai keberhasilan
|
Penang-gung
jawab
|
Waktu
pelaksanaan
|
Sumber
Dana
|
Ket
|
1.
|
Menerima siswa baru tahun ajaran
2013-2014 agar terisi siswa kelas X
|
Diterima siswa baru kelas Xsebanyak
150 siswa
|
|
Kepala
Sekolah
|
Juli
2013
|
Persiswa
|
|
2
|
Merencanakan pelaksanaan MOS agar
siswa mempunyai kesan yang baik terhadap sekolah
|
Terlaksananya MOS bagi siswa kelas
X
|
|
Bidang
Kesiswaan
|
Juli
2013
|
-
|
|
3
|
Merencanakan formasi kelas agar
distribusi siswa merata
|
Tersusunnya formasi kelas untuk
tiap angkatan
|
|
BK
dan Kesiswaan
|
Juli
2013
|
-
|
|
4
|
Mengisi buku induk siswa dan buku
klaper agar semua siswa tercantum pada buku induk
|
Telah masuknya siswa kedalam buku
induk
|
|
Petugas
buku induk
|
Setiap
saat
|
-
|
|
5
|
Mencatat mutasi siwa agar dapat
diketahui keluar masuknya siswa
|
Tertibnya buku mutasi siswa baik
siswa yang masuk maupun yang keluar
|
|
TU
|
Waktu
ada mutasi/ setiap bulan
|
BOS
|
-
|
6
|
Memantapkan wawasan wiyata mandala
agar warga sekolah fungsi sekolah sebagai pusat pendidikan
|
Seluruh warga mengerti bahwa
seluruh warga sebagi pusat pendidikan bukan untuk kegiatan yang lain
|
|
Kepala
Sekolah
|
MOS-Upacara
|
BOS
|
-
|
7
|
Mengembangkan UKS agar warga
sekolah selalu dalam keadaan sehat
|
Berfungsinya UKS untuk melayani
siswa tau warga sekolah
|
|
Pembina
OSIS
|
Setiap
hari
|
Untuk
sementara UKS masih digabung dengan PMR
|
|
8
|
Mengelola OSIS agar siswa berlatih
berorganisasi disekolah
|
Terbentuknya penguruus OSIS
disekolah
|
|
Pembina
OSIS
|
BOS
|
-
|
|
9
|
Mengelola daftar hadir siswa agar
tertib dan disiplin hadir disekolah
|
Siswa hadir disekolah tepat waktu
|
|
Wakasek
|
Setiap
hari
|
BOS
|
-
|
10
|
Merencanakan upacara bendera
disekolah
|
Terselenggaranya upacara setiap
hari senin dan sabtu dan hari-hari besar nasional
|
|
Pembina
OSIS
|
Hari
senin & hari besar Nasional
|
BOS
|
-
|
11
|
Membentuk koprasi siswa agar siswa
berlatih berkoprasi disekolah
|
Berdirinya koperasi siswa
disekolah
|
|
Pembina
OSIS
|
-
|
BOS
|
Belum
tersedianya modal usaha
|
12
|
Mengembangkan kreatifitas agar
siswa berkembang sesuai dengan minat dan bakat
|
Telah berjalannya 4 macam kegiatan
ekstrakulikuler
|
|
Kesiswaan
|
Juli
2013
|
BOS
|
Rincian
biaya ada pada RAPB kesiswaan
|
13
|
Meningkatkan efektivitas
komunikasi antara pembinaan dan peserta ekstrakulikuler melalui internet
untuk menyampaikan program-programnya
|
Telah dibuat situs kesiswaan
diintternet, Pembina ddan peserta mampu komunikasi lewat internet
|
|
Kesiswaan
|
BOS
|
|
E. STRATEGI PELAKSANAAN
Sesuai dengan tujuan dan
karakteristik materi program pembinaan kesiswaan tersebut diatas, maka strategi
yang digunakan meliputi pelatihan (terintegrasi dan distrik), lokakarya,
kunjungan sekolah (school visit), dan perlombaan/pertandingan (bersifat
kompetisi). Penggunaan jenis strategi untuk program tertentu : dan atau
beberapa strategi dikombinnasikan dalam dalam pelaksanaan satu atau
beberapa program, yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pelaksanaan.
Disamping itu, dasar pertimbangan
penggunaan suatu strategi mencakup asppek-aspek sebagai berikut :
- Keluasan materi dan sarana program
- Waktu dan tempat ppenyelenggaraan;
- Tenaga pelaksanaan, dan
- Dana yang tersedia.
Strategi pelatihan terintegrasi
berbasis kompetesi digunakan dalam program pembinaaan kesiswaan yang melibatkan
sarana guru atau tenaga pendidikan,dan pelaksanaan pelatihan itu merupakan
bagian dari program pelatihan lainnya (program Induk) yang serumpun. Dalam hal
ini, baik biaya, tenaga pelatihan, maupun bahan atau materi pelatihan program
pembinaan kesisw aan merupakan bagian dari program induk.
Strategi pelatihan (districk
training) merupakan bentuk pengembangan kapasitas aparat pendidikan tingkat
profinsi,kabupaten-kota, dan atau sekolah yangdiselanggarakan ditingkat
profinsi gentang program pembinaan kesiswaan tertentu atau program yang
serumpun. Tentu saja,biaya, tenaga pelatihan, dan bahan atau materi pelatihan
berasal berasal dari pusat,sedangkan tempat/lokasi pelatiahan dikoordinasikan
dengan pihak provinsi.
Strategi lokakarya (workshop)
digunakan dalam rangka menghasilkan sesuatu, baik berupa rumusan acuan, rencana
kegiatan,pengembangan tekhnik satu instrument, maupun kesamaan
persepsi,wawasan, dan komitmen untuk kepentingan pelaksanaan program yang
terlingkup dalam bidang pembinaan kesiswaan. Lokakarya dapat
diselenggarakan secara nasional atau ditingkat pusat;dan dapat pula
dibagi menjadi bebrapa region penyelenggaraan.
Kunjungan sekolah
(school visit) merupakan strategi yang digunakan dalam bentuk kegiatan
pemantauan (Monitoring), penilain (evaluasi), pengamatan (observasi),studi
kasus, dan atau konsultasi klinis-pengembangan, baik tentangg persiapan,
pelaksanaan, maupun hasil suatu program pembinaan kesiswaan. Strategi kunjungan
sekolah dilaksanakan terutama untuk mempersempit kesenjangan antara kebijakan
yang dihasilkan ditingkat pusat dengan elaksanaan suatu program pembinaan
kesiswaan ditingkat SKolah sasaran.
Perlombaan merupkan strategi
pelaksanaan program pembinaan kesiswaan yang bersiffat kompetitif, melibatkan
siswa atau sekolah peserta secara langsung dalam suatu event atau kegiatan,
baik yang bersifat internasional maupun nasional. Strategi perlombaan
dapat dilaksanakan sebagai kegiatan tunggal (bukan kegiatan yang
dilksanakan secara bertahap dari tingkat bawah); dapat pula (lazimnya)
dilakukan secara bertahap dari tingkat sekolah, kecamatan, Kabupaten/kota,
provinsi, Hingga tingkat nasional ataupun internasional.
BAB
III
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
RENCANA
ANGGARAN KEGIATAN OSIS
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
MASA
BHAKTI 2013 / 2014
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Waka Kesiswaan
Rahmat Hidayat,SH
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BAB
IV
PENUTUP
Semua kegiatan
dilaksanakan,baik langsung oleh sekolah maupun oleh siswa yang
berkaitan dengan pengembangan keperibaian selalu terencana dengan baik dan
matang,dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana
anggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan
agenda sekolah dan selalu dipantau oleh kepala sekolah melalui wakasek
kesiswaan.
Peran serta yang sangat aktif dari
seluruh siswa sangat diharapkan demi terwujudnya keperibadaian siswa yang
menuju kearah positif.
Sebaiknya apapun kegiatan itu terencana dan terlaksana,
maka penulisan laporan pertanggung
jawaban harus dibuat untuk dijadikan bahan evaluasi dan
bahan rekomendasi untuk kegiatan
-kegiatan berikutnya. Harapan utamanya adalah kegiatan
yang sudah terlaksana akan menjadi
cermin atau
gambaran,sehingga kegiatan berikutnya akan terlaksana
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Lampiran
SUSUNAN
PENGURUS KESISWAAN
MA
NW MENGKURU
MASA
BHAKTI 2012/2013
Penanggung Jawab
: Kepala MA NW Mengkuru
Waka Kesiswaan
: Rahmat Hidayat,SH
Pembina Pramuka
: Rusdi Amin,S.Pd.I
Pembina PMR
: Muhamad Sabri,S.Pd
Pembina
Keagamaan
: Yusuf,S.PdI
Pembina Olah
Raga
: Rusdi,S.Pd
Pembina Kesenian
: Fihiruddin,S.PdI
Pembina Klub English Study
: Lalu Subhan saleh,S.Pd
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar