Selasa, 12 April 2016

AL-BAQIYATUSH SHOLIHAT

AL-BAQIYATUSH SHOLIHAT
الباقيات الصالحات
سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حولا ولا قوة إلا با لله العلي العظيم
Ini adalah doa yang digunakan oleh Pendiri NW Al-Magfurulah Maulanasyaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid sebagai selingan dalam buku Wasiat Renungan Masa. Ternyata doa ini adalah doa luar biasa dan memiliki banyak sekali keistimewaan.
Doa ini adalah doa yang senantiasa dibaca oleh sulthonul malaikah Jibril AS serta oleh para Malaikat penjaga Arsy. Merupakan salah satu doa terbaik untuk diwiridkan oleh santri, abituren dan warga Nahdlatul Wathan. Minimal 100x sehari semalam. Barang siapa mengamalkannya minimal 100x sehari semalam, niscaya nanti pada hari kiamat ia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar dengan pengawalan dari para Malaikat seperti pengawalan seorang raja.
Asbabunnuzul:
1.      Kalimat سبحان الله adalah dzikir para malaikat penjaga Arsy. Ketika mereka diperintahkan oleh Allah untuk memikul Arsy, mereka tidak sanggup untuk memikulnya maka Allah memerintahkan mereka untuk membacanya. Terangkatlah Arsy. Mereka berkata:
هذه كلمة أولى شريفة جليلة
Setelah beribu tahun….
2.      Kalimat والحمد لله adalah ungkapan dzikir Nabi Adam AS ketika beliau bersin. Kemudian Allah swt menjawabnya اللهرحمك para Malaikat penjaga Arsy berkata:
هذه كلمة ثانية شريفة جليلة
Setelah bertahun-tahun…
3.      Kalimat ولا إله إلا الله Berasal dari Nabi Nuh AS ketika beliau menyeru ummatnya kepada tauhid (mengesakan Allah) dan menyembah hanya kepadanya. Sebab beliaulah Nabi  yang menyeru kepada tauhid karena ummat beliau adalah ummat yang pertama-tama menyekutukan Allah dengan membuat sesembahan dari berhala-berhala. Mendengar seruan Nabi Nuh AS tersebut para Malaikat berkata:
هذه كلمة ثالثة شريفة جليلة
Setelah bertahun-tahun
4.      Kalimat والله أكبر adalah ungkapan Nabi Ibrahim AS ketika Nabi Ismail diganti dengan domba tatkala disembelih. Mendengar hal itu para Malaikat berkata:
هذه كلمة رابعة شريفة جليلة
5.      Mendengar penuturan Malaikat Jibril AS, Rasulullah SAW berujar: لا حولا ولا قوة إلا با لله العلي العظيم .  Mendengar ini para Malaikat berkata: هذه كلمة خامسة شريفة جليلة
Kemudian kelima kalimat ini menjadi wirid tetap Malaikat Jibril AS. Rasulullah SAW juga memerintahkan para sahabat untuk mengamalkan doa ini.
Diijazahkan pada hari Rabu, 25 Muharram 1428 H/ 14 Februari 2015 M. Oleh Al-Magfurulah TGH. Mahmud Yasin, QH yang digelari Sirrul Asrar Maulana Al-Syaikh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar