Minggu, 10 April 2016

Gelar Maulana siapa yang memberi


SIAPA YANG PERTAMA KALI MEMANGGIL TGKH. M. ZAINUDDIN ABDUL MAJID DENGAN SEBUTAN "MAULANA SYAIKH"?

Bismillahiwabihamdihi
TGKH. MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MAJID telah terkenal jauh sebelum kita lahir, selain karena keberhasilan Beliau memberi pencerahan kepada masyarakat sasak lombok, karena Bliau juga selalu mendapat sanjungan khusus dari para guru-guru Beliau dari Makkatuk Mukarromah, seperti Syaikh Hassan Muhammad Al-Masysyath, Syikh Sayyid Muhammad Amin Al-Kutbhi, Syaikh Salim Rahmatullah, dll. Sehingga Beliau banyak mendapat gelar/ panggilan kebanggaan.
Disamping gelar-gelar yang datang dari Guru besar Beliau, ada juga gelar-gelar/ panggilan yang datang dari Murid Beliau, salah satunya adalah "Maulana Syaikh". Lalu siapakah yang pertama kali memanggil TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid dengan sebutan "Maulana Syaikh"?
Menurut cerita yang al-faqir dengar dari salah seorang putra Masyaikhul Ma'had Darul Qur'an Wal Hadits Al-Majidiyyah Asy-Syafiiyah Nahdlatul Wathan, TGH. Zaini Abdul Hanan, Lc., MPdI, yaitu Ustaz Hassan Zaini, Q.H., MKomI. Beliau menceritakan kepada al-faqir tentang keterangan langsung dari TGH. Mahmud Yasin yang mengatakan pada waktu pengajian umum Ma'had DQH NW bahwa Beliaulanglah orang yang pertama kali memanggil Al-Magfurulah dengan sebutan "Maulana Syaikh" dengan alasan "karena TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid telah terbukti mencetak banyak kader yaitu dengan banyaknya murid-murid Beliau yang menjadi tokoh agama dan tokoh masyarakat di tempat masing-masing.
Jika ada yang dari para pembaca yang tahu tambahan informasi tentang ini, mohon meninggalkan komentar. Wallahu a'lam.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar